Selasa , 24 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / UMM Terima Tugas Buka Program Profesi Insinyur

UMM Terima Tugas Buka Program Profesi Insinyur

Edupost.id, – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mendapat tugas dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristek Dikti) untuk membuka Program Profesi Insinyur pada beberapa waktu yang lalu. Penugasan tersebut berdasarkan Undang-Undang (UU) No. 11 Tahun 2014 tentang Keinsinyuran. Pemilihan UMM sebagai salah satu penerima tugas berdasarkan akreditasi kampus dan kepemilikan Fakultas Teknik, Pertanian dan atau Matematika (FMIPA).

“Dengan pembukaan profesi insinyur ini, kita sama-sama berharap akan meningkatkan jumlah dan kualitas insinyur Indonesia,” ujar Dekan Fakultas Teknik (FT) UMM, Sudarman dalam siaran pers.

Sudarman menilai pembukaan program profesi tersebut memenuhi kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Berdasarkan hasil seleksi dari Kemristek Dikti, sebanyak 40 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta ditunjuk untuk mengawali pembukaan program profesi. Sementara yang dapat masuk yaitu dari lulusan sarjana teknik, pertanian, sains terapan, maupun para pekerja yang berprofesi di bidang keinsinyuran.

“Tiap kampus hanya diberi jatah 100 mahasiswa saja tiap angkatan. UMM akan mulai membuka program ini Agustus tahun ini. Program ini akan bekerjasama Fakultas Pertanian-Peternakan (FPP) UMM karena lulusan pertanian juga memerlukan sertifikasi profesi insinyur untuk bidang mereka. Pihak universitas akan membawahi langsung program profesi insinyur ini,” tegasnya.

Sertifikasi profesi, lanjut Sudarman, nantinya diakui di seluruh kawasan Asia. Meskipun Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) sudah dibuka, namun Sumber Daya Manusia baru tersedia pada tahun 2018. Pihak kampus masih memiliki waktu untuk menyamakan kualitas insinyur dengan negara lain dan mampu meningkatkan pendapatan mereka.

Sementara itu Direktur Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Kemenristek Dikti, Patdono Suwignjo dalam surat penugasan penyelenggaraan Program Profesi Insinyur kepada UMM mengatakan, pertimbangan memilih UMM karena kemampuan dan pengetahuan dalam penyelenggaraan pendidikan tingi yang berkualitas. “Pembukaan program ini untuk menyiapkan sumberdaya manusia yang memiliki pengetahuan yang mencukupi dalam bidang pendidikan tinggi profesi insinyur,” tulisnya. Pembukaan Program Profesi Insinyur di UMM melengkapi program-program profesi lain yang telah berdiri sebelumnya, seperti Profesi Dokter, Profesi Perawat, dan Profesi Akuntan. (UMM/Nisa)

Check Also

kucing tuntun pulang pendaki tersesat di swiss

Delapan Alasan Menarik Pelihara Kucing

Edupost.ID- Kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling banyak dipilih menjadi sahabat di rumah. …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *