Rabu , 23 Agustus 2017
Home / Kabar Kampus / UMY Merevolusi Sistem Pembelajaran Bahasa Arab
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)

UMY Merevolusi Sistem Pembelajaran Bahasa Arab

Edupost.id – Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tengah berupaya merevolusi sistem pembelajaran bahasa Arab. Dalam hal ini, PBA UMY menggandeng Institute of Applied Technology (IAT) Dubai untuk mengembangkan teknologi pembelajaran bahasa Arab.

“PBA UMY akan mendukung pengembangan teknologi ini dengan memberikan materi sebagai bahan, sedangkan desain dari teknologinya akan dilakukan di Dubai. Hasil dari kerjasama ini nantinya akan diterapkan kepada pengajar Bahasa Arab di seluruh Indonesia,” terang Talqis Nurdianto, L.c., M.A., selaku ketua PBA UMY.

Talqis menambahkan, sebelumnya UMY telah mengadakan workshop pembelajaran bahasa Arab yang diikuti oleh pengajar bahasa Arab se-Indonesia dan juga utusan dari Malaysia dan Singapura. Dikatakannya juga, dalam pengembangan teknologi tersebut UMY juga bekerjasama dengan IMLA (Ikatan Pengajar Bahasa Arab se-Indonesia) dan juga Center of Research and Intercommunication Knowledge dari Arab Saudi.

Tidak hanya itu, Talqis juga tengah berupaya memformulasikan standarisasi dari penggunaan bahasa arab karena bentuk dan penggunaan bahasa Arab yang digunakan berbeda di setiap daerah asalnya. Salah satu bentuk standarisasi yang dilakukan adalah pada TOAFL (Test of Arabic as a Foreign Language) yang dapat diakui oleh seluru universitas diseluruh negara Arab.

Salah satu yang dilakukan untuk mendukung program UMY adalah mengadakan International Conference and Call for Paper dengan tema Trends of Arabic language in digital Era: Education, Literature, and Technology. Konferensi ini menghadirkan Dr. Ali Mayouf Al Mayouf dari King Saud University, Riyadh, Arab Saudi, Kamis (10/8). Selain konferensi internasional, diadakan pula agenda Lokakarya linguistik Korpus Arab pada hari ini, Jumat (11/8).

“Korpus ini adalah kumpulan maklumat yang berkaitan dengan bahasa Arab, baik itu sastra dan bahkan riset penelitian. Korpus tersebut nanti akan berfungsi sebagai wadah untuk mengetahui bentuk, fungsi, dan makna dari sebuah kata Arab,” ujar Suryanto, S.Pd., M.Ed., Ph.D selaku Dekan Fakultas Pendidikan Bahasa.

Pembentukan Korpus ini merupakan yang pertama kali di Indonesia, dan juga merupakan artikulasi kami dalam mengartikan unggul dan Islami milik UMY,”Korpus tersebut akan dibentuk oleh sebuah tim yang terdiri dari 8 institusi yang akan memberikan masukan materi yaitu PBA UMY, UIN Sunan Kalijaga, UNIDA Gontor, UIN Maulana Malik Ibrahim, Pondok Modern Tazakka, Universitas Al Azhar Jakarta, UNS Surakarta, dan IMLA. (Andi)

Check Also

UKM Taekowondo UMY Raih 3 Medali Internasional

UKM Taekowondo UMY Raih 3 Medali Internasional

Edupost.id- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Taekwondo Universitas Muhammadiyah Yogyakarta berhasil menjadi juara internasional di Badung, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *