Rabu , 25 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Unand Gelar Pemeriksaan dan Pengobatan Mata Gratis
Unand Gelar Pemeriksaan dan Pengobatan Mata Gratis
Unand Gelar Pemeriksaan dan Pengobatan Mata Gratis (foto: Unand)

Unand Gelar Pemeriksaan dan Pengobatan Mata Gratis

Edupost.id – Dalam rangka Dies Natalis ke 60 (Lusrum XII), Universitas Andalas akan mengadakan pemeriksaan dan pengobatan mata gratis  bagi masyarakat Kota Padang. Kegiatan ini digelar pada Sabtu, 17 dan 24 September mendatang di Rumah Sakit Pendidikan (RSP) Universitas Andalas Kampus Limau Manih Padang.

“Pemeriksaan dan pengobatan mata ini akan melalui beberapa tahap yaitu sebelum, saat dan setelah pemeriksaan dan operasi “ ucap Ketua Pelaksana Acara, Rizanda Machmud.

Ia menyebutkan, sebelum pemeriksaan mata, panitia akan melakukan pendataan seluruh pasien yang mengalami gangguan mata. Pendataan ini bekerja sama dengan seluruh puskesmas yang ada di Kota Padang. Pendataan berlangsung hingga 9 September mendatang.

Untuk pelaksanaan terdiri dari dua kegiatan yakni skrining (pemeriksaan) mata dan operasi. Skiring dilaksanakan pada Sabtu, 17 September 2016. Rangkaian skrining mata ini terdiri dari pemeriksaan mata/skrining, pemeriksaan visus, pemeriksaan labor dan tonometer. Bagi pasien yang positif akan dioperasi pada 24 September.

“Sedangkan bagi pasien yang negatif melanjutkan pengobatannya selanjutnya yaitu pengobatan infeksi dan pemeriksaan visus. Kemudian melakukan pengambilan obat dan mendengarkan penyuluhan pemakaian obat,” jelasnya.

Pada saat pelaksanaan skrining mata, sambil menunggu antrian juga dilaksanakan penyuluhan kesehatan mata  dari petugas dari Fakultas Kedokteran Bagian Mata dan Fakultas Kesehatan Masyarakat Unand.

 

“Kita berharap rangkaian kegiatan yang telah direncanakan oleh panitia dapat terlaksana sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dan tercapai sesuai tujuan yang diharapkan” tambahnya. (Unand/Ayna)

Check Also

Seminar-Nasional-Ilmu-Sosial-dan-Humaniora-di-Unand

Seminar Nasional Ilmu Sosial dan Humaniora di Unand

Edupost.id – Seminar Nasional II 2016  Ilmu Sosial dan Humaniora yang rencananya akan dilaksanakan pada 28-29 …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *