Selasa , 24 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Unand Kembali Menerima Calon Mahasiswa Khusus Penghafal Alquran

Unand Kembali Menerima Calon Mahasiswa Khusus Penghafal Alquran

PADANG – Tahun ini Universitas Andalas (Unand) kembali menerima calon mahasiswa yang khusus menghafalkan Al-Qur’an. Program yang sudah berjalan sejak tahun 2014 ini telah menerima 19 calon mahasiswa yang memiliki hafalan Al-Qur’an minimal 5 juz, dari 2.379 calon yang diterima melalui SNMPTN 2015, di 11 program studi.

Rektor Unand, Prof. Dr. Werry Darta Taifur menyadari, pentingnya mendekatkan mahasiswa dengan Al-Quran. Werry meyakini, calon mahasiswa yang dapat menghafal Al-Qur’an lebih dari 5 juz adalah calon mahasiswa yang pintar dan mempunyai karakter baik.

Ia menambahkan, diharapkan hal ini akan memberikan efek domino kepada mahasiswa lain, sehingga suasana Qur’ani lebih terasa di lingkungan kampus Unand.

Calon mahasiswa yang hafidz 5 juz sebanyak 3 orang, hafidz 5,5 juz sebanyak 1 orang, hafidz 6 juz sebanyak 1 orang, hafidz 6,5 juz sebanyak 8 orang, hafidz 8 juz sebanyak 1 orang, hafidz 10 juz sebanyak 4 orang, dan ada calon mahasiswa hafidz 30 juz sebanyak 1 orang.

Mereka berasal dari SMA di Bekasi 1 orang, SMA di Kuningan 1 orang, SMA di Medan 1 orang, SMA di Padang Panjang 4 orang, dan SMA di Padang 12 orang.

Sebelumnya, Unand telah mengadakan tes khusus bagi calon mahasiswa yang menyatakan hafidz minimal 5 juz. Seleksi dilakukan April lalu dengan materi tes meliputi keindahan bacaan, kefasihan bacaan, dan ketepatan hafalan.

Berdasarkan nilai raport sekolah mereka, para penghafal Al-Qur’an ini memiliki nilai rata-rata di atas 83. Nilai rata-rata Ujian Nasional mereka di atas 50. Skor dari indeks kecurangan mereka rata-rata di bawah 30, yang berarti tidak ditemukan indikasi kecurangan.

Rektor berharap kepada calon mahasiswa yang hafidz Al-Qur’an ini, bisa menjadi lokomotif dalam meningkatkan suasana Qur’ani di lingkungan kampus. Ia juga meminta agar mereka mau mengajak mahasiswa lainnya untuk mempelajari dan mendalami Al-Qur’an. (Unand/IK-SS)

Check Also

Indonesia Bergejolak, BEM SI Gelar Musyawarah Nasional

Indonesia Bergejolak, BEM SI Gelar Musyawarah Nasional

Edupost.ID – Pasca kisruh dan mandeknya tuntutan aksi bela rakyat 121 yang diselenggarakan di 19 …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *