Selasa , 24 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Undip Bangun Pusat Pengembangan Inovasi
Undip-Bangun-Pusat-Pengembangan-Inovasi
Universitas Diponegoro (Undip)

Undip Bangun Pusat Pengembangan Inovasi

Edupost.id – Universitas Diponegoro (Undip) segera membangun pusat pengembangan inovasi di kampus Pleburan pada 2017 mendatang. Di areal seluas 7,5 hektar tersebut akan dibangun berbagai macam fasilitas untuk mendukung Undip sebagai institusi pendidikan modern bertaraf internasional. Kompleks tersebut diberi nama Undip Innovation Square (UIS).

Rektor Undip, Yos Johan Utama mengemukakan bahwa semua fasilitas tersebut nantinya diharapkan dapat mendukung Undip dalam menggapai visi sebagai universitas bertaraf internasional atau yang dikenal sebagai World Class University (WCU). Fasilitas tersebut meliputi Digital Science Techno Park, Beauty and Well Being Center, Conference and Exhebition Hall, Training Accommodation, Student Dormitory, dan Open Theater.

“Sebagai PTNBH, Undip harus segara bergerak maju mengibarkan bendera merah putih ke kancah internasional” ujar Rektor.

Digital Science Techno Park (DSTP), lanjutnya, akan dikembangkan sebagai pusat pengembangan software, film animasi, game, aplikasi digital, product design, dan creative marketing. DSTP akan dikembangkan dengan menggandeng institusi lain di tingkat pusat dan daerah untuk bersinergi sehingga Jateng dapat menjadi pusat pengembangan teknologi digital.

Berdasarkan data yang Edupost.id dapat, Beauty and Well Being Center akan dikembangkan sebagai pusat center of excellent (CoE) di bidang kecantikan dan kebugaran di tingkat Asia Tenggara. Di dalamnya akan ada pelayanan kecantikan kulit dan gigi, fitness center, stem cell sampai dengan pengobatan tradisional.

Kemudian, Conference and Exhebition Hall akan digunakan untuk pusat kegiatan konferensi dan pameran bertaraf internasional. Fasilitas tersebut dirancang akan mampu menampung sedikitnya 8000 pengunjung dengan teknologi modern. Fasilitas ini, disamping berfungsi untuk melayani kepentingan internal Undip, juga untuk melayani kepentingan masyarakat industri di Jawa Tengah.

Selanjutnya, Training Accommodation nantinya akan menjadi fasilitas akomodasi bagi pengunjung yang mengikuti kegiatan-kegiatan akademik di Undip. Sedangkan Student Dormitory, dan Open Theater adalah fasilitas yang disediakan untuk mahasiswa yang kuliah pada jenjang S2 dan S3 di kampus Pleburan.

Sementara itu, Wakil Rektor bidang Komunikasi dan Bisnis, Budi Setiyono, mengemukakan, bahwa UIS juga akan dikembangan untuk revenue spot bagi Undip. “Disamping memberikan tambahan pendapatan bagi universitas, UIS juga akan dijadikan tempat magang bagi mahasiswa tingkat akhir, laboratorium wirausaha, dan pengembangan jaringan bisnis bagi alumni”, imbuh Budi. (Undip/Nisa)

Check Also

Undip-Bangun-Pusat-Pengembangan-Inovasi

Peneliti Undip Ciptakan Robot Mobil Pengukur Ketebalan

Edupost.id – Peneliti Universitas Diponegoro (Undip), Dr. Eng. Gunawan Dwi Haryadi menciptakan robot mobil pengukur …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *