Sabtu , 16 Desember 2017
Home / Kabar Kampus / Unikom Mengantongi Dua Gelar Juara di Imagine Cup 2015

Unikom Mengantongi Dua Gelar Juara di Imagine Cup 2015

BANDUNG – Mahasiswa Universitas Komputer Indonesia (Unikom) Bandung kembali meraih juara dalam ajang Imagine Cup 2015 di Jakarta (26/3). Para mahasiswa yang tergabung dalam Tim Alix sukses menduduki juara 1 kategori World Citizenship dan Tim Dodo Kids Browser untuk menjadi juara 1 di kategori Innovation.

Kedua tim berinovasi menciptakan aplikasi untuk mempermudah proses donasi kemanusiaan dan kontrol penggunaan internet dalam bidang pendidikan.

Pitrianingsih, salah seorang anggota Tim Alix Wati menerangkan, aplikasi yang dibuat timnya ini merupakan aplikasi berupa portal donasi. Keunikan aplikasi ini, donatur tidak hanya bisa memberikan donasinya, melainkan juga bisa memilih siapa yang akan diberikan donasi dan bagaimana perkembangan orang yang diberikan donasi tersebut.

Ia menjelaskan, pada aplikasi ini terdapat empat keunggulan yakni rekomendasi (masyarakat bisa berbagi informasi mengenai orang yang berhak diberikan donasi), donasi (bisa memberikan sumbangan langsung).

Keunggulan lainnya, lanjutnya, konfirmasi (memilih anak asuh yang akan diberikan donasi dan mengetahui perkembangan anak asuh tersebut setiap waktunya) dan report (laporan transparasi donasi dan perkembangan anak asuh).

Anggota tim, Dodo Kids Browser Alih Purwandi menuturkan, timnya membuat aplikasi internet yang dilengkapi dua perangkat. Aplikasi yang hanya bisa diakses di Windows Phone ini akan membuat para orangtua bisa memantau portal apa saja yang dibuka oleh anaknya.

Alih menuturkan, timnya menekankan pada penggunaan aplikasi di Microsoft. Teknologi yang dikembangkan yakni Azzure Clown berupa mesin belajar yang bisa membaca dan mempelajari pola penggunaan internet pada anak.

Rektor Unikom, Eddy Soeryanto Soegoto ikut bangga dengan prestasi anak didiknya. Ia memberi penghargaan kepada masing-masing tim berupa uang tunai untuk pengembangan proyeknya. (LL-IK)

Check Also

KPAI Temukan Buku IPS Soal Yerussalem selain Penerbit Yudistira

Edupost.id – Buku IPS yang memuat konten bertuliskan “Ibukota Israel adalah Yerussalem” ternyata tidak hanya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *