Sabtu , 25 November 2017
Home / Kabar Kampus / Universitas Sebelas Maret Melestarikan Budaya Keraton ke Mancanegara

Universitas Sebelas Maret Melestarikan Budaya Keraton ke Mancanegara

Solo- Dalam rangka melestarikan budaya keraton di mata dunia, Pusat Studi Javanologi LPPM Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar seminar internasional dengan tema “Penguatan Nilai dan Pengembangan Tradisi Keraton pada Era Industri Budaya Antarbangsa”di kampus UNS.

Seminar yang dihadiri 150 peserta ini menghadirkan beberapa pembicara di antaranya Daradjadi Gondodiprojodari Pura Mangkunegaran KRMH. Ia menyampaikan materi berjudul “Gaya Hidup Bangsawan Mangkunegaran Tahun 1870-1944”, dia memaparkan berbagai perubahan tradisi dalam Pura Mangkunegaran. “Para bangsawan yang semula berada dalam lingkup masyarakat tradisional, berubah menjadi anggota masyarakat modern,” paparnya, seperti dikutip dari laman resmi UNS.

Daradjadi menambahkan bahwa perubahan tersebut disebabkan penyesuaian gaya hidup yang dilakukan para bangsawan keraton, mereka menyesuaikan gaya hidup dengan kondisi kehidupan yang dihadapi melalui percampuran kebudayaan tradisional dengan kepentingan pribadi dan masyarakat luas.

Seminar ini juga menghadirkan pembicara dari Kokushikan University, Jepang, Prof. Makasatsu Tozu, Guru besar Kokushikan University. Ia menyampaikan bahwa di Jepang sendiri, ritual yang paling penting adalah ritual menanam padi. Kaisar sendiri menanam padi, memanen padi, dan mempersembahkan hasil itu kepada dewa-dewa.

Pembicara lainnya yang turut hadir yakni Mr Hoosho dari Kyoto Jepang, Dr Bahtiar Mohamad dari UUM Malaysia, Prof Drs Pawito, PhD dari Javanologi LPPM UNS dan KGPH Puger dari Keraton Kasunanan.

Sehari sebelum acara seminar ini, para pembicara dan beberapa peserta diajak untuk mengenal budaya Jawa di dalam keraton. Mereka diberi kesempatan untuk melihat proses produksi jamu dan proses membatik lalu dilanjutkan mengikuti jamuan makan malam dari Pura Mangkunegaran.

Check Also

Jerawat Lari Dilawan dengan 5 Bahan Ampuh Ini

Edupost.id – Bagi sebagian orang, jerawat sering menjadi musuh menyebalkan, terutama bagi kaum wanita. Jerawat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *