Kamis , 19 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / UNJ Mewisuda 263 Calon Guru SM-3T

UNJ Mewisuda 263 Calon Guru SM-3T

Edupost.ID – Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggelar prosesi wisuda bagi 263 mahasiswa (19/2) di Aula Latief Hendraningrat Gedung Dewi Sartika Lantai 2 Kampus A UNJ Rawamangun. Para wisudawan itu terdiri dari 232 lulusan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Sarjana Mengajar di daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM-3T) dan 31 lulusan Program PPG Terintegrasi (PPGT).

Prosesi wisuda dipimpin Rektor UNJ, Djaali. Direktur Pembelajaran Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristekdikti turut hadir dan memberikan orasi ilmiah di hadapan para lulusan.

Lulusan PPG SM-3T kali ini merupakan angkatan ke-III yang diwisuda di UNJ, sedangkan lulusan PPG-T merupakan angkatan ke-I.SM-3T merupakan merupakan sub program dari program MBMI (Maju Bersama Mencerdaskan Indonesia) untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kompetensi guru di daerah yang tergolong 3T (terdepan, terluar, dan tertinggal).  Terdepan berarti berbatasan langsung dengan negara tetangga, terluar berarti berbatas langsung dengan laut lepas, dan tertiggal berarti kualitas pendidikanya masih tertinggal dari daerah lain di Indonesia.

Pemerintah menetapkan sembilan provinsi yang menjadi tempat penempatan SM3T, yaitu Aceh, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sulawesi Utara, Papua, Papua Barat, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, dan Maluku.

Sedangkan, tujuan program PPG-T sama dengan sub program MBMI yang lain. Namun,  peserta yang direkrut SM-3T adalah para sarjana pendidik untuk melakukan tugas pengabdian selama setahun di daerah 3T kemudian baru menempuh pedidikan profesi guru (PPG) selama setahun.

Sementara, peserta yang direkrut PPG-T adalah para lulusan SMA/SMK dari daerah 3T yang kemudian menempuh masa studi kurang lebih selama lima tahun sampai lulus PPG. (UNJ/IK-SS)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *