Kamis , 27 Juli 2017
Home / Kabar Kampus / Unpad Buka Studi Kedokteran Hewan

Unpad Buka Studi Kedokteran Hewan

Edupost.ID, Bandung – Universitas Padjadjaran (Unpad) pada tahun akademik 2016/2017, akan membuka program studi Kedokteran Hewan di Fakultas Kedokteran. Dibukanya program studi tersebut untuk memenuhi ketersediaan tenaga pelayanan kesehatan hewan di Jawa Barat, mengingat provinsi ini menjadi salah satu suplai hewan ternak terbesar di Indonesia.

Prodi Kedokteran Hewan akan dibuka di bawah naungan Fakultas Kedokteran. Rektor Unpad Prof. Tri Hanggono Achmad menjelaskan, hal ini didasarkan pada adanya keterkaitan antara kesehatan manusia dengan hewan yang dikenal dengan istilah “zoonosis”, atau infeksi penyakit yang ditularkan hewan ke manusia dan sebaliknya.

Kondisi lain yang menjadi dasar pembukaan prodi Kedokteran Hewan di Unpad ialah minimnya tenaga dokter hewan di beberapa pusat kesehatan hewan di Jawa Barat. “Kalau tidak ada dokter hewan, sulit bagi kita untuk menjamin kesehatan hewan,” jelasnya beberapa waktu lalu.

Rektor menambahkan paling tidak ketika masa penyembelihan hewan kurban, kesehatannya harus diperiksa oleh tenaga dokter hewan. Agar distribusi lulusan Kedokteran Hewan Unpad merata di Jawa Barat, Rektor juga akan memberikan beasiswa pendidikan bagi mahasiswanya.

Sementara Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unpad Dr. Arry Bainus, M.A., mengatakan, daya tampung prodi Kedokteran Hewan di Unpad sebanyak 50 orang. (Unpad/IY)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *