Senin , 26 Juni 2017
Home / Kabar Kampus / UNPAD Gratiskan Biaya Kuliah Kedokteran Tahun Ini

UNPAD Gratiskan Biaya Kuliah Kedokteran Tahun Ini

Edupost.ID, Bandung – Penerimaan mahasiswa baru 2016 di Universitas Padjadjaran berbeda dengan tahun sebelumnya. Pihak kampus memberikan biaya kuliah gratis untuk program studi Sarjana Pendidikan Dokter dan Pendidikan Dokter Spesialis di Fakultas Kedokteran.

Kebijakan tersebut merupakan upaya untuk memenuhi kebutuhan tenaga dokter dan dokter spesialis di berbagai daerah, khususnya di Jawa Barat. Rektor UNPAD, Tri Hanggono Achmad, saat menggelar jumpa pers di Ruang Executive Lounge UNPAD, Bandung, menjelaskan, sejumlah daerah di Indonesia masih memerlukan tenaga medis. Sehingga pihak kampus siap untuk memberikan biaya pendidikan yang gratis.

Selain itu, Tri Hanggono menyampaikan ketersediaan tenaga dokter dan dokter spesialis di Jawa Barat tidak merata. Penyeberannya lebih terpusat di kota besar. Menyikapi hal tersebut, pihak kampus berkomitmen membantu mendistribusikan tenaga dokter dan dokter spesialis ke seluruh wilayah di Jawa Barat.

Biaya pendidikan yang gratis tidak terlepas dari syarat yang diberikan pihak kampus. Persyaratan untuk mahasiswa baru Pendidikan Dokter dan Dokter Spesialis berupa perjanjian. Perjanjian tersebut lebih kurang tentang kewajiban pengabdian bagi mahasiswa yang sudah lulus di wilayah dan instansi yang sudah ditentukan. Sanksi yang diberikan pihak kampus jika mahasiswa mau maka rektor tidak mengeluarkan ijazahnya.

Tujuan lain dari kebijakan tersebut menurut Tri Hanggono yaitu UNPAD ingin membangun sikap kesiapan mengabdi yang sesungguhnya kepada masyarakat bagi para lulusan nanti. Sementara penilaian dari Dekan FK UNPAD, Yoni Fuadah Syukriani, terkait kebijakan kampus bahwa program penggratisan biaya kuliah bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang benar-benar mencintai masyarakat.

Pada tahun akademik 2016/2017, Fakultas Kedokteran UNPAD menerima 250 orang calon mahasiswa dari gabungan jalur SNMPTN dan SBMPTN. Jumlah dari SNMPTN yaitu 125 dan dari jalur SBMPTN 125 orang. Seluruh mahasiswa yang diterima melalui dua jalur seleksi tersebut akan digratiskan biaya kuliahnya melalui beasiswa yang dikeluarkan pemerintah daerah dari 27 Kota atau Kabupaten di Jawa Barat maupun beasiswa dari berbagai pihak, termasuk instansi swasta. (Nisa/UNPAD)

Check Also

Rahasia Reptil Bisa Ganti-ganti Kelamin

Reptil Bisa Ganti-ganti Kelamin, Ini Rahasianya

Edupost.id – Pada sejumlah spesies reptil, perubahan suhu dapat menyebabkan pergantian jenis kelamin. Hal itu …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *