Sabtu , 16 Desember 2017
Home / Kabar Kampus / Unpad Jadi Kampus Paling Diminati Pendaftar SNMPTN 2015

Unpad Jadi Kampus Paling Diminati Pendaftar SNMPTN 2015

JAKARTA- Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 telah selesai. Menurut data dari panitia SNMPTN 2015, Universitas Padjadjaran (Unpad) menjadi perguruan tinggi negeri (PTN) yang paling banyak dipilih para pendaftar.

Koordinator Sekretariat Pokja Humas Panitia SNMPTN 2015, Bambang menerangkan, selama tiga tahun terakhir Unpad telah menjadi kampus terfavorit di SNMPTN. Menurutnya, hal tersebut disebabkan kampus ini berada di provinsi dengan jumlah siswa lulus terbanyak.

“Unpad menjadi kampus yang paling banyak peminatnya karena berada di provinsi dengan jumlah kelulusan yang sangat banyak,” terang Bambang, dilansir okezone.

Pendaftar yang memilih provinsi Jabar     jumlahnya masih lebih banyak dibanding yang memilih provinsi lain. Bambang menilai, Jabar masih menjadi pilihan para siswa karena paling mudah memilih kampus yang baik dan lokasinya dekat.

“Pertimbangan dari pembiayaan, rasa aman dengan orangtua. Unpad banyak diminati tidak hanya di Jawa Barat, tapi juga di DKI Jakarta, Banten, Sumatera Utara, Sumatera Barat. Misalnya, fakultas hukum (FH) menjadi incaran bagi siswa dari Sumatera Utara karena banyak yang ingin berkecimpung di dunia hukum,” paparnya.

Terlebih, Unpad memiliki 50 program studi (prodi) dan kuota atau daya tampung Unpad pada jalur SNMPTN memiliki porsi 50 persen seperti PTN lainnya.

“Kampus-kampus lain seperti Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, Universitas Brawijaya (UB) Malang, dan Universitas Sumatera Utara (USU) juga cukup besar daya tampungnya. Sesuai permendikbud, SNMPTN memiliki daya tampung minimum 50 persen,” tambahnya.

Bambang menyebutkan, tidak ada perubahan yang signifikan dalam pemilihan prodi di Unpad, jika dibandingkan dengan tahun lalu.

“Saya menduga tidak ada pergeseran. Kalau tahun lalu untuk kelompok IPS yang unggul yaitu prodi ilmu komunikasi, ilmu hukum, manajemen, hubungan internasional (HI), dan administrasi negara. Sedangkan kelompok IPA yang paling banyak peminatnya yakni kedokteran, teknik informatika, farmasi, kedokteran gigi, dan psikologi,” tambahnya. (RR/IK)

Check Also

KPAI Temukan Buku IPS Soal Yerussalem selain Penerbit Yudistira

Edupost.id – Buku IPS yang memuat konten bertuliskan “Ibukota Israel adalah Yerussalem” ternyata tidak hanya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *