Selasa , 27 Juni 2017
Home / Kabar Kampus / Unpad Kembangkan Kampus Arjasari Mulai Tahun Ini
unpad kembangkan-kampus Arjasari
Implementasi konsep Unpad Transformative Triangle, atau pemanfaatan tiga kampus utama Unpad

Unpad Kembangkan Kampus Arjasari Mulai Tahun Ini

Edupost.id – Mulai 2017 Unpad akan mengembangkan kampus di Arjasari, Kabupaten Bandung, untuk kegiatan pengembangan hilirisasi riset. Hal itu dilakukan dalam upaya implementasi konsep Unpad Transformative Triangle, atau pemanfaatan tiga kampus utama Unpad.

Rektor Unpad, Tri Hanggono Achmad menyampaikan bahwa secara historis kampus Arjasari telah digunakan sebagai basis penguatan pendidikan dan penelitian di bidang pertanian. Untuk itu, karena lahan seluas 200 hektar ini secara kelembagaan dikelola oleh institusi pendidikan, maka aspek Tridharma Perguruan Tinggi juga harus ada di kampus Arjasari.

“Di sini lebih pada aspek hilirisasinya. Aspek pendidikan dan riset dimulai dari aspek aplikasi,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, ada tiga sektor yang akan dikembangkan di kampus Arjasari. Sektor pertama yaitu pengembangan industri berbasis hilirisasi produk unggulan Unpad. Produk hilirisasi yang dikembangkan yaitu punya kemampuan ke aspek pemasaran.

Sektor kedua yaitu pengembangan pendidikan vokasi. Rencananya, ada 4 program studi pendidikan Sarjana Terapan (Diploma IV) yang akan dibuka di Arjasari. Empat program studi tentatif yang direncanakan dibuka antara lain; Holtikultura, Pembenihan, Ternak Potong, dan Agrowisata.

Sedangkan sektor ketiga yaitu menyiapkan berbagai infrastrukturnya. Rektor mengatakan, dalam hal ini Unpad dapat bekerja sama dengan sektor industri untuk ikut mengembangkan kampus Arjasari. Sektor industri diharapkan bisa berkontribusi dalam pengembangan infrastruktur.

Pengembangan kampus Arjasari ini akan dipolakan sebagai bentuk fleksibilitas pengelolaan kampus dengan pendekatan PTN Badan Hukum. “Pendekatan korporasinya akan kuat di sini. Pada 2017, kita akan kick off,” tuturnya. (Unpad/Ani)

Check Also

Universitas Padjajaran (unpad)

Unpad Jadi Penerima Pendaftar SBMPTN Terbanyak

Edupost.id – Pengumuman hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sudah bisa diakses pada Selasa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *