Jumat , 20 Januari 2017
Home / Kabar Kampus / Unpad Raih Juara Umum Jambore Ilmu Tanah Indonesia
unpad-menang-jambore-tanah
Unpad juara umum Jambore Ilmu Tanah (foto: Unpad)

Unpad Raih Juara Umum Jambore Ilmu Tanah Indonesia

Edupost.id, Bandung – Mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) meraih juara umum dalam Jambore Ilmu Tanah Indonesia ke-7 yang diadakan Forum Komunikasi Mahasiswa Ilmu Tanah Indonesia (Fokushimiti). Kompetisi tersebut digelar di Universitas Sriwijaya Palembang pada 15-21 Mei lalu.

Para mahasiswa tersebut tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Ilmu Tanah dan Sumberdaya Lahan (Himatan) Fakultas Pertanian Unpad. Mereka adalah Fajar Maulana, Ketua Himatan Unpad, dan Himatan serta Arby Falahul Haq. Prestasi yang mereka raih yakni juara dua Soil Judging Contest, juara dua dan juara favorit Lomba Fotografi, juara pertama Lomba Poster, dan Best Costume.

“Fokushimiti menyelenggarakan Jambore Ilmu Tanah Indonesia (JITI) dan Pekan Ilmiah Mahasiswa Ilmu Tanah Nasional (Pilmitanas) secara bergantian setiap tahunnya. Tahun 2016 ini, kami meraih juara umum di JITI. Tahun 2015 lalu, kami juga juara umum di Pilmitanas,” terang Fajar dalam siaran pers.

Mahasiswa yang berangkat ke JITI terdiri dari lima peserta lomba, yaitu Teddy Marpaung, Putri Tamara, Ismail Hasvi, Juli Enita Sinaga, dan Winona Retni Pawestri, beserta 6 pendamping yaitu Fajar Maulana, Arby Falahul Haq, Fiolya Alifa, Melani, Zaky Abdul Haris, dan Ammar Muhtadi. JITI 2016 diikuti 18 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia yang tergabung di Fokushimiti, antara lain Institut Pertanian Bogor, Universitas Brawijaya, dan Universitas Andalas.

Juara 2 Soil Judging Contest diraih Teddy Marpaung, Putri Tamara, dan Juli Enita Sinaga. Juara dua dan terfavorit lomba fotografi diraih Winona Retni Pawestri, sekaligus meraih Best Costume. Sementara juara satu poster diraih Ismail Hasvi.

“Yang menarik, dalam lomba soil judging biasanya yang diteliti hanya tanah mineral saja, tetapi di jambore ini diteliti juga tanah gambut dan tanah rawa karena di Palembang ada ketiga jenis tanah itu. Peserta lain mungkin sudah terbiasa dengan ketiga jenis tanah itu, kita di sini tidak ada gambut dan rawa. Tapi Alhamdulillah kita tetap bisa meraih juara dua,” ujar Arby. (Unpad/ IK-SS)

Check Also

Atlet Tunarungu Asal UNJ Ini Berprestasi hingga ke Kancah Internasional

Atlet Tunarungu UNJ Berprestasi Hingga Kancah Internasional

Edupost.id – Meski memiliki keterbatasan fisik, mahasiswa Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Priyaka Irfan Astama Harsono berhasil …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *