Jumat , 26 Mei 2017
Home / Kabar Kampus / Unsyiah Haramkan Mahasiswa Baru Ikut Ospek
Cegah-Kekerasan-dalam-Ospek-Kemenag-Terbitkan-Surat-Edaran
Mahasiswa Universitas Syiah Kuala. foto : rumohpmi

Unsyiah Haramkan Mahasiswa Baru Ikut Ospek

Aceh – Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) melarang mahasiswa baru (maba) mengikuti kegiatan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (Ospek) untuk tahun ajaran 2016/2017. Larangan tersebut tertera dalam surat pemberitahuan Rektor Unsyiah Samsul Rizal pada beberapa waktu yang lalu. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk mencegah adanya perploncoan di kalangan maba.

“Bagi mahasiswa baru dilarang mengikuti kegiatan apapun selain kegiatan Pembinaan Akademik dan Karakter Mahasiswa Baru (Pakarmaru). Termasuk haram mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh mahasiswa lama dari perkumpulan apapun, baik itu himpunan mahasiswa jurusan (HMJ) atau program studi,” terangnya.

Rektor Unsyiah mengatakan, sehubungan dengan penerimaan mahasiswa baru Unsyiah tahun 2016, setiap mahasiswa baru wajib mengikuti kegiatan PAKARMARU yang resmi diselenggarakan universitas selama satu hari dan fakultas selama dua hari. Ia menegaskan agar maba tidak melayani permintaan biaya atau pengisian dokumen dalam bentuk apapun dari mahasiswa senior.

“Sedangkan bagi mahasiswa lama dilarang menggelar kegiatan dalam bentuk apapun yang terkait dengan penyambutan, pengerahan, dan pengumpulan mahasiswa baru. Dilarang juga mengarahkan pengisian KRS, pengumpulan dana, data, dokumen, dan pas foto dengan dalih apapun dari mahasiswa baru,” ujar Rektor Unsyiah.

Sedangkan pengarahan dan pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), tambah Samsul, bagi mahasiswa baru dikoordinir langsung Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT. TIK) Unsyiah. Jadi tidak ada pengisian KRS yang diselenggarakan ataupun dikoordinir mahasiswa lama atau HMJ. Ia juga meminta agar orantua maba ikut melarang anaknya mengikuti kegiatan dari mahasiswa lama atau HMJ.

“Bagi mahasiswa lama yang melanggar ketentuan yang dimaksud akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku di Unsyiah. Maka semua mahasiswa diminta agar patuh pada peraturan ini. Jangan sampai ada lagi mahasiswa yang terkena akibat menggelar ospek atau semacamnya,” ungkapnya. (Unsyiah/Nisa)

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran SBMPTN Masih Dibuka hingga 9 Mei

Edupost.id – Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) masih dibuka hingga besok, 9 Mei …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *