Sabtu , 21 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / UNY Gelar Seminar Optimalisasi Ilmu Kimia menuju Indonesia Sehat

UNY Gelar Seminar Optimalisasi Ilmu Kimia menuju Indonesia Sehat

Edupost.ID – Farmasi merupakan suatu proses di bidang kesehatan yang meliputi penemuan, pengembangan, produksi, pengolahan, peracikan, penyerahan, dan distribusi obat. Farmasi memastikan penggunaan obat yang aman dan efektif. Demikian disampaikan oleh Septi Nur Hayati, M.sc., Apt., Peneliti UPT Balai Pengembangan Proses dan Teknologi Kimia LIPI ketika menjadi salah satu pembicara Seminar Nasional Kimia 2015 di ruang seminar Fakultas MIPA UNY, Sabtu (23/5).

Ditambahkan Septi, selama ini LIPI terus melakukan riset dalam bidang farmasi untuk menjamin kualitas obat yang beredar di masyarakat. Definisi obat adalah setiap zat kimia yang dapat mempengaruhi proses hidup. Tujuan riset ini menurut Septi adalah dalam rangka meningkatkan kesehatan masyarakat.

Selain Septi, pembicara lain yang hadir adalah Prof. Dr. Sri Atun, Guru Besar Kimia Bahan Alam FMIPA UNY, dan Mahindra Drajat Utomo, S.Si, dari  PT Petrokimia Gresik. Prof. Dr. Sri Atun menyampaikan makalah dengan judul Ekspolorasi Sumber Hayati Indonesia sebagai Bahan Baku Obat sebagai Upaya Mewujudkan Bangsa Mandiri. Sementara Mahindra Drajat Utomo, S.Si menyampaikan makalah dengan judul Peran Teknoilogi Kimia untuk Indonesia Sehat.

Ketua panitia seminar, Miftah Nurrohimah, mengatakan bahwa acara seminar ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Pendidikan Kimia FMIPA UNY. Seminar dengan tema Optimalisasi Penggunaan Ilmukimia Berbasis Teknologi untuk Mewujudkan Indonesia Sehat ini dihadiri oleh 300 peserta. (Andi)

Check Also

Pelajar Indonesia Raih Emas di Kejuaraan Karate Internasional

Pelajar Indonesia Raih Emas di Kejuaraan Karate Internasional

Edupost.id – Enam pelajar Indonesia berhasil meraih empat medali emas dalam Kejuaran Karate The 31st Coupe …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *