Sabtu , 21 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / UPN Veteran Yogyakarta Inisiasi Sinergi Kampus Bela Negara
UPN Veteran Yogyakarta
UPN Veteran Yogyakarta

UPN Veteran Yogyakarta Inisiasi Sinergi Kampus Bela Negara

Edupost.id – Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) menginisiasi program Sinergi Kampus Bela Negara Indonesia (SKBNI) 2017. Program ini akan mengajak seluruh perguruan tinggi di Indonesia berkomitmen mengimplementasikan nilai-nilai bela negara.

Rektor UPN Veteran Yogyakarta, Sari Bahagiarti mengatakan bela negara perlu ditanamkan dan dikembangkan di setiap perguruan tinggi di Indonesia. Hal itu karena peningkatan pemahaman cinta tanah air, pembelaan, dan pengawalan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta pembangunan nasional oleh masyarakat terdidik sangat penting.

Dalam program itu, lanjut Rektor akan dilakukan secara independen dan dinilai oleh dewan juri berdasarkan indikator nilai terutama berkaitan dengan tri dharma perguruan tinggi, cinta tanah air, penanaman pancasila dan seterusnya. Para juri berasal dari berbagai pihak, seperti tokoh masyarakat, dari perguruan tinggi lain serta dari Kementerian Pertahanan, Kemenristek Dikti hingga wartawan.

“Dalam program ini dicari kampus mana di Indonesia yang paling membela negara. Hal itu dilihat dari berbagai implementasi yang dilakukan perguruan tinggi tersebut. Melalui pengembangan karakter bela negara dilakukan berbagai aspek, seperti tridharma perguruan tinggi,” terangnya.

Kabid Bela Negara UPN Veteran Yogyakarta, Bambang Wicaksono menambahkan, peserta yang diharapkan ikut serta dalam penilaian itu yaitu seluruh lembaga penyelanggara pendidikan tinggi seperti universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik, akademi dan vokasi. Perguruan tinggi dapat mendaftarkannya melalui website http://belanegara.upnyk.ac.id/. Hasil pemeringkatan akan diserahkan ke Kementerian Pertahanan sebagai acuan dan referensi bagi perguruan tinggi lain.

Ketua Dewan Juri SKBNI 2017 Prof. Danisworo menyampaikan juri akan mengunjungi dan mengechek kampus yang masuk nominasi apakah sudah sesuai dengan prakteknya di lapangan. Pengumuman hasil SKBNI 2017 akan dilakukan pada 15 Desember 2017 dan penyerahan penghargaan pada 19 Desember 2017. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *