Selasa , 24 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / UPN Yogyakarta Terima Mahasiswa Difabel di Prodi Tertentu

UPN Yogyakarta Terima Mahasiswa Difabel di Prodi Tertentu

Edupost.Id, Sleman – Pada penerimaan mahasiswa baru tahun ini, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta menyatakan hanya siap menerima mahasiswa difabel untuk prodi tertentu. Karena itu, prodi tertentu yang menuntut kemampuan fisik mahasiswa tidak memungkinkan menerima mahasiswa difabel. Hal itu diungkapkan Kepala Humas UPN Veteran Yogyakarta, Indar Martanto.

Dijelaskan Indar, mahasiswa difabel tidak memungkinkan mengikuti perkuliahan lapangan yang menuntut banyak kemampuan fisik. Sebagai contoh, mahasiswa tuna netra tidak mungkin bisa mengikuti perkuliahan lapangan untuk prodi pertambangan di medan berbatu. Oleh karena itu, prodi tertentu seperti Teknik Perminyakan, Teknik Pertambangan, Teknik Geologi, dan Geofisika tidak dapat menerima mahasiswa difabel.

Indar menambahkan, mahasiswa yang buta warna juga tidak mungkin dapat diterima di prodi tertentu yang menuntut kemampuan mahasiswa dapat membedakan warna dengan baik.

Mahasiswa difabel sangat mungkin diterima di UPN untuk prodi-prodi di rumpun sosial humaniora (soshum). Hanya saja, mahasiswa tersebut harus lulus seleksi terlebih dahulu melalui jalur apapun. “Yang penting mereka lolos seleksi seperti calon mahasiswa lain,” ujar Indar.

Tidak bisa diterimamya mahasiswa difabel di jurusan tertentu bukan berarti tidak ada jalan untuk mengenyam pendidikan tinggi. “Masih banyak jurusan lain yang bisa menerima mereka,” pungkas Indar. (Andi)

Check Also

oxford-university

Kampus Luar Negeri yang Diakui Dikti

Edupost.id – Menempuh pendidikan di luar negeri menjadi salah satu pilihan yang diambil sebagian orang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *