Selasa , 17 Oktober 2017
Home / Kabar Kampus / Usung Smart Batik Indonesia, UNY Juarai Lomba Bisnis
Usung-Smart-Batik-Indonesia-UNY-Juarai-Lomba-Inovasi-Bisnis
Usung Smart Batik, UNY juarai lomb abisnis (foto: UNY)

Usung Smart Batik Indonesia, UNY Juarai Lomba Bisnis

Edupost.id – Miftahudin Nur Ihsan, alumni Jurusan Pendidikan Kimia FMIPA UNY meraih Juara 1 Lomba Inovasi Bisnis Pemuda 2016. Dalam kompetisi itu, Ihsan mengusung Smart Batik Indonesia, usaha batik yang dirintisnya bersama rekannya Kholif sejak tahun 2015.

Ada beberapa hal yang dinilai dalam perlombaan ini, yaitu inovasi bisnis, strategi pemasaran, aspek keuangan, dan dampak bagi sekitar. Meskipun baru seumur jagung, nilai inovasi dari usaha ini dianggap tinggi karena menghasilkan batik dengan motif-motif tematik yang belum ada di pasaran, seperti motif pendidikan, kesehatan, MIPA, transportasi, ekonomi, dan pertanian.

Ihsan menerangkan, strategi pemasaran yang dilakukan adalah melalui pengenalan kepada tokoh, personal selling, media online, dan sistem agensi/ reseller. Smart Batik juga sudah berkeliling ke seluruh Indonesia karena Ihsan memberikan fasilitas bagi mahasiswa yang sedang mengikuti lomba karya tulis ilmiah apabila ingin ikut memasarkan, diantaranya pernah ke Jakarta, Palembang, Riau, Pontianak, Kendari, dan Palu.

Usaha yang beralamat di Ketanggungan, Wirobrajan II/ 429, RT 57, RW 12, Kelurahan Wirobrajan, Yogyakarta ini mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat sekitar dan mahasiswa UNY. Smart Batik Indonesia pernah menjadi sponsor tiga kegiatan mahasiswa tingkat nasional dengan total bagi hasil mencapai 1,5 juta rupiah.

Selain itu, Smart Batik juga pernah memfasilitasi mahasiswa yang ingin memperoleh tambahan uang dengan sistem bagi hasil. Membantu mahasiswa yang membutuhkan tambahan uang adalah salah satu tujuan Ihsan karena bagi Ihsan yang merupakan alumni bidikmisi, pernah merasakan rasanya hampir tidak dapat kuliah dan mencari tambahan uang sendiri untuk kebutuhan hidup.

Sementara di masyarakat, Smart Batik sudah berkontribusi berupa menyediakan seragam batik dan meningkatkan kesejahteraan penjahit baju di wilayah RW 12, Kelurahan Wirobrajan.

Ihsan dan Kholif berharap usaha ini semakin maju dan berkembang, sehingga dapat bermanfaat sesuai visi usahanya yaitu inovatif, edukatif, dan kontributif. Atas prestasinya, Ihsan dan Kholif memperoleh penghargaan uang pembinaan 10 juta rupiah dan piagam penghargaan. Rencananya uang ini akan digunakan untuk pengembangan usaha. (UNY/ IK-SS)

 

Check Also

Cegah Penyakit Kulit dengan Karpet Pintar Inovasi UNY

Cegah Penyakit Kulit dengan Karpet Pintar Inovasi UNY

Edupost.id – Terkena penyakit kulit tentu sangat mengganggu. Penyakit ini bisa disebabkan karena lingkungan yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *