Rabu , 23 Mei 2018
Home / Kabar Kampus / Wah, Mahasiswa di Kampus Ini Tak Wajib Buat Skripsi
wisuda
Ilustrasi. Toga wisuda

Wah, Mahasiswa di Kampus Ini Tak Wajib Buat Skripsi

Edupost.id – Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Universitas Padjadjaran (Unpad) membuat kebijakan baru yang berbeda dengan kampus lainnya. Umumnya mahasiswa hanya bisa mengurus wisuda jika sudah menyelesaikan skripsi. Namun, mengapa fakultas ini justru membebaskan mahasiswanya dari kewajiban itu?

Ternyata, fakultas ini memberi pilihan pada mahasiswanya dengan tidak mewajibkan membuat skripsi, tapi bisa memilih hanya mengerjakan tugas akhir. Artinya, mahasiswa memilih tak membuat skripsi tersebut bisa menggantinya dengan tugas akhir membuat sebuah karya.

“Kami ingin memberi pilihan untuk mengerjakan tugas akhirnya. Selain sekripsi tapi juga karya. Ada dua pilihan bagi mahasiswa untuk tugas akhir. Mahasiswa dapat memilih membuat skripsi atau karya,” ungkap Dadang Rahmat Hidayat, Dekan Fikom Unpad.

Dadang mengungkapkan, karya itu kemudian harus dimasukkan ke dalam jurnal nasional yang terakreditasi. Selain itu, karya mereka yang dimasukkan ke jurnal tetap harus dipresentasikan di dalam sidang tugas akhir. Hanya bentuknya lebih sederhana. Selain itu, mahasiswa pun tetap harus mengikuti bimbingan sehingga menghasilkan karya dalam jurnal ilmiah. Jurnal tersebut akan diadopsi dan diakui sebagai skripsi. 

“Nilainya pasti A, karena artikel ilmiah merupakan titik kulminasi dalam riset dan sudah direalisasikan. Kebijakan ini diharapkan bisa terrealisasi tahun ini,” terangnya. 

Dadang mencontohkan, mahasiswa dapat membuat karya yang dipublikasikan di media terbarukan, seperti di youtube. Layaknya jurnal, di media terbarukan juga dapat dilihat review dan penontonnya.

Dadang menjelaskan, saat ini pihaknya juga mendorong publikasi karya ilmiah di media populer dengan tetap menggunakan kaidah ilmiah. Jadi, karyanya tidak hanya dalam bentuk tekstual, tapi dengan adanya media terbarukan, karya ilmiah dapat dilihat secara visual.

“Medianya tentunya harus yang terkenal. Bila artikel mahasiswa kemudian dimuat, harus diapresiasi dalam bentuk nilai. Karena dosen juga tidak mudah untuk memasukkan artikel hingga dimuat,” tuturnya.

 

 

 

Check Also

Universitas Padjajaran (unpad)

Tiga Tahun Terakhir Capaian Kualitas Unpad Meningkat

Edupost.id – Berbagai capaian kinerja sejumlah fakultas dan unit kerja di lingkungan Universitas Padjadjaran (Unpad) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=