Sabtu , 23 September 2017
Home / Kabar Kampus / YouSure UGM Gelar Kompetisi Sociopreneur Muda Indonesia
YouSure Fisipol UGM mengadakan Kompetisi dan Expo Sociopreneur Muda Indonesia (Soprema) 2016. foto : nurfi/edupost

YouSure UGM Gelar Kompetisi Sociopreneur Muda Indonesia

Edupost.ID, Sleman – YouSure Fisipol UGM mengadakan Kompetisi dan Expo Sociopreneur Muda Indonesia (Soprema). Pemuda usia 16-30 tahun ditantang membuat ide inovatif dan kreatif dalam bentuk business plan. Pendaftaran dibuka dari tanggal 1 Maret hingga 31 Mei 2016.

“Saat ini, pemuda mengembangkan ilmu dan kompetensi tidaklah cukup. Pemuda perlu mengembangkan softskill seperti social entrepreneurship sebab softskill semacam itu dapat menjadi solusi permasalahan di masyarakat,” ujar Rektor UGM, Dwikorita Karnawati.

Dekan Fisipol, Erwan Agus Purwanto, menjelakan perbedaan kompetisi ini terletak pada nilai sosialnya. Peserta dituntut tidak hanya mendapat untung bagi dirinya, namun juga bagi orang lain. Beberapa kasus yang dicontohkan antara lain pengolah jus buah naga. Idenya menghilangkan gap antara difabel dan pengusaha. Letak sosialnya di sana.

Ia juga mencontohkan penemu Ojek Online Gojek. Motivasinya adalah membantu mengurangi macet di Jakarta. Tidak hanya penemunya yang untung, tapi juga orang-orang yang ikut menjadi tukang ojek dan pedagang atau pengusaha kuliner. Hal ini karena Gojek membuat masyarakat ingin mengunjungi kuliner setempat, seperti yang terjadi di Yogyakarta.

“Kita mendorong munculnya wirausahawan yang mampu berpikir kreatif. Di sisi lain dia harus memikirkan orang lain,” kata Erwan Agus Purwanto dalam sosialisasi kompetisi Soprema, Senin (14/3).

Kegiatan ini dibuat karena Indonesia perlu banyak sociopreneur muda, mengingat saat ini Indonesia mengalami bonus demografi dan belum ada 2% penduduk yang menjadi wirausaha. Di sisi lain, MEA (Masyarakat Ekonomi Asean) semakin dekat. Hal ini dijelaskan oleh rektor UGM.

Dalam sosialisasi, panitia memeragakan cara mendaftar Kompetisi Sociopreneur di Ruang Dekanat Fisipol, UGM. Pertama-tama, calon peserta membuka website soprema.fisipol.ugm.ac.id, kemudian klik registrasi. Setelah itu mengikuti arahan dari website hingga selesai. Setelah itu calon peserta melakukan konfirmasi akun lewat email. Jika akun sudah dikonfirmasi, calon peserta mengisi kelengkapan data, seperti biodata tim, business plan, dan lain sebagainya.

Nantinya akan diambil 90 peserta untuk babak semifinal lalu dipilih 18 finalis. Mereka akan mendapat coaching clinic atau konsultasi bisnis dan seminar. Peserta yang lolos juga akan didorong untuk mengikuti Asean Young Enterpreneur. Kegiatan puncak Soprema akan dilaksanakan pada 5-7 September 2016 mendatang dan direncanakan akan menghadirkan pihak-pihak yang konsen dengan wirausaha. (Nurfi)

Check Also

Soal-Ujian-Terlalu-Sulit-Nilai-UN-SMP-2016-Turun

SMP Negeri 15 Yogyakarta Pilot Project Sekolah Ramah Anak

Edupost.id – SMP Negeri 15 Yogyakarta telah dicanangkan menjadi salah satu pilot project sekolah ramah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *