Senin , 19 Februari 2018
Home / Kabar Sekolah / 35 Siswa SMKN 2 Depok Ikut Uji Sertifikasi Profesi
SMKI-dan-SMM-Tak-Masalah-Sumbangan-Maksimal-3,5juta
Ilustrasi: SMKN 2 Depok

35 Siswa SMKN 2 Depok Ikut Uji Sertifikasi Profesi

Edupost.id – Siswa SMKN 2 Depok Sleman mengikuti Uji Sertifikasi Profesi di sekolah setempat pada Selasa-Jumat (23-26/1) dan Senin (229/1). Uji sertifikasi yang digelar oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Kimia Analisis setempat menguji 35 siswa kelas 13 Program Kejuruan Kimia Analisis.

Ketua LSP Kimia Analisis SMKN 2 Depok, Sulisnaini mengatakan, seluruh peserta yang telah lulus uji sertifikasi ini akan mendapat sertifikat profesi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Sertifikat ini akan menjadi bekal siswa ketika terjun ke dunia kerja.

“Ada 35 siswa program kejuruan Kimia Analisis yang ikut uji sertifikasi selama lima hari. Uji sertifikasi akan dilaksanakan di laboratorium kimia,” terang Sulis, Selasa (23/1).

Staff Bagian Perencanaan SMKN 2 Depok, Nuryanto menambahkan, uji sertifikasi ini merupakan bagian dari upaya sekolah membekali siswa menghadapi dunia kerja. Sertifikat profesi yang diraih pasca uji kompetensi ini akan membuktikan bahwa lulusan sekolah ini memiliki kompoetensi yang dibutuhkan oleh dunia kerja.

“Setelah lulus, siswa yang pernah mengikuti uji sertifikasi akan memperoleh sertifikat profesi di samping ijazah. Hasil uji sertifikasi ini tidak mempengaruhi kelulusan siswa,” imbuhnya.

Ditambahkan, seluruh siswa kelas 13 Program Kejuruan Kimia Analisis sebenarnya berjumlah 64 orang. Hanya saja yang mengikuti uji sertifikasi baru 35 orang. Sementara sisanya masih mengikuti magang kerja di industri. “Kemarin ada 64 siswa mengikuti praktik industri. Tapi yang 29 orang langsung diterima magang di industri, jadi yang ikut uji sertifikasi baru 35 orang. Yang lain akan mengikuti uji sertifikasi setelah selesai magang,” terangnya.

Sertifikat profesi yang dikeluarkan oleh BNSP berlaku tiga tahun. Setelah itu, pemegang sertifikat harus melakukan uji sertifikasi lagi untuk memperbarui masa berlaku sertifikat kompetensi profesi.

SMKN 2 Depok Sleman merupakan salah satu SMK yang menerapkan sistem pendidikan 4 tahun. Setelah mengikuti ujian nasional pada kelas 12, siswa akan mengikuti pembelajaan produktif di kelas 13, di antaranya magang kerja di industri. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *