Kamis , 18 Januari 2018
Home / Kabar Sekolah / Bangunan SMPN 32 Jakarta Roboh, Begini Kondisinya Sekang
Kondisi bangunan SMPN 32 Jakarta saat ini. foto : KPAI

Bangunan SMPN 32 Jakarta Roboh, Begini Kondisinya Sekang

Edupost.id – Bangunan SMPN 32 Jakarta Barat pada Kamis (21/12) lalu telah roboh. Bangunan yang roboh selama ini tetap dipergunakan sebagai aula dan tempat Sholat bagi warga sekolah.

“Bahkan sekitar pukul 11.00 WIB pada hari kejadian robohnya gedung itu, bangunan tersebut masih dipergunakan sebagai tempat perayaan hari besar agama yang dihadiri seluruh siswa. Bangunan tersebut kemudian roboh tiga jam setelah anak-anak bubar dari kegiatan itu. Bisa dibayangkan betapa mengerikannya jika roboh pada saat banyak siswa di dalamnya,” ujar Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti usai mengunjungi sekolah ini.

Pihak sekolah mengatakan, diperkirakan bangunan berbentuk arsitektur Tiongkok yang dibangun pada tahun 1816 dan dipergunakan pada tahun 1818. Kondisi bangunan sebelum roboh memang sudah miring sehingga di beberapa bagian bangunan dipasang penyangga kayu untuk menahan tembok yang miring.

Bangunan SMPN 32 Jakarta yang roboh. foto : KPAI
Bangunan SMPN 32 Jakarta yang roboh. foto : KPAI

KPAI menyebut ada empat ruang kelas yang tidak memenuhi standar minimum sarana prasarana dari standar nasional pendidikan (SNP). Kelas tersebut sangat sempit, meja siswa mencapai pintu kelas sehingga pintu kelas tidak bisa ditutup rapat, dan meja guru hampir berhimpitan dengan whiteboard kelas.

Ditambahkan Retno, jumlah toilet juga kurang layak dan tidak sebanding dengan jumlah siswa. Bahkan ada ruang kelas berada satu halaman dengan gedung yang roboh yang tidak mungkin digunakan lagi. Pihak sekolah berencana semester depan akan memindahkan ruang belajar tersebut ke ruang labotarium di lantai dua.

“Di lantai dua, KPAI juga menemukan sambungan tangga dengan selasar di lantai dua yang riskan mencelakakan anak-anak karena ada potongan sambungan yang sempit, yang jika tidak hati-hati melangkah, akan berpotensi membuat siswa terpeleset dan kemudian jatuh ke arah anak tangga,” imbuhnya.

smpn 32 jakarta roboh
Bangunan SMPN 32 Tambora, Jakarta Barat roboh diduga sudah berusia tua

Pihak sekolah kabarnya sudah mengajukan permohonan renovasi bangunan ke Dinas Pendidikan dan Dinas Pariwisata Provinsi DKI Jakarta mengingat gedung tersebut merupakan cagar budaya yang harus dilestarikan. Namun sayangnya, permohonan itu tak kunjung disetujui sampai akhirnya bangunan tersebut roboh.

KPAI, kata Retno, juga mendapatkan informasi bahwa lahan SMPN 32 Jakarta pun kini sudah miring ke sisi utara, sehingga berpotensi membahayakan para peserta didik dan warga sekolah yang lain. Diduga kuat, tanah di sisi utara sekolah amblas akibat banjir yang kerap menggenang di tahun-tahun sebelum normalisasi Kali Krukut yang berada di depan sekolah. (Andi)

Check Also

smpn 32 jakarta roboh

FSGI Minta Pemprov Jakarta Data Ulang Bangunan Sekolah Rawan Roboh

Edupost.id – Kejadian robohnya SMPN 32 Jakarta menjadi keprihatinan yang sangat mendalam bagi Federasi Serikat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *