Rabu , 21 Februari 2018
Home / Kabar Sekolah / Batik Karya Siswa SMAN 2 Magelang Populer hingga Palembang

Batik Karya Siswa SMAN 2 Magelang Populer hingga Palembang

MAGELANG- Batik khas Kota Magelang, Jawa Tengah, yang menjadi produk kegiatan ekstrakurikuler para siswa SMA Negeri 2 Kota Magelang diserap pasar hingga Palembang, Sumatera Selatan.

Djarobi Rusli selaku guru pembimbing eksrakurikuler membatik di SMA Negeri 2 Kota Magelang menceritakan bahwa sekolahnya pernah mendapatkan pesanan batik dari kota Palembang, sebanyak 100 lembar produk batik khas Magelang. Batik yang dipesan itu merupakan hasil karya siswa yang mengikuti ekstrakurikuler membatik.

Produk batik khas Magelang karya para siswa sekolah tersebut, lanjut Rusli, juga sering diikutkan dalam berbagai kegiatan pameran sehingga semakin dikenal masyarakat.

Bahkan Rusli menyebutkan, belum lama ini produk batik para siswa sekolah itu dipamerkan dalam rangkaian Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kota Magelang 2015 di Pendopo Pengabdian Rumah Dinas Wali Kota Magelang.

Ada berbagai motif batik khas Magelang yang menjadi andalan produk sekolah Rusli. Diantaranya, tambahnya, batik bernama “Water Torn”, “Diponegoro”, batik motif daun, dan bunga-bunga.

Rusli menerangkan, kegiatan ektrakurikuler membatik ini sudah sejak lama diadakan di sekolah tersebut. Bahkan, menurut Rusli, sejak batik khas Magelang kian populer dan diminati masyarakat pada tahun 2009, jumlah peserta kegiatan tersebut semakin bertambah banyak.

Ia menjelaskan, saat ini sudah ada 60 siswa sekolah tersebut yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler membatik dengan jadwal sepekan sekali.

“Ekskul batik sebenarnya sudah lama di sekolah ini, namun baru mulai greget sekitar tahun 2009 saat batik corak khas Magelang mulai diminati masyarakat,” terang Djarobi yang juga guru kesenian di sekolah tersebut, dilansir ROL.

Pengadaan berbagai perlengkapan ekstrakurikuler membatik, seperti kompor, wajan, canting, malam, dan cap, katanya, menggunakan dana swadaya sekolah.

“Biaya berasal dari swadaya sekolah. Kami juga sudah produksi untuk dijual ke pasar, hasil dari penjualan tersebut kami jadikan modal,” terangnya.

Check Also

Beasiswa

Beasiswa Guru SD-SMA ke Amerika Serikat oleh Fulbright DAI

Edupost.id – Fulbright Distinguished Awards in Teaching Program for International Teachers (FULBRIGHT DAI), menawarkan beasiswa …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *