Selasa , 25 April 2017
Home / Kabar Sekolah / Berawal dari Limbah, 3 Karya Siswa MANSA Lolos ke Final OPSI

Berawal dari Limbah, 3 Karya Siswa MANSA Lolos ke Final OPSI

Edupost.Id, Yogyakarta – Tiga karya ilmiah siswa sekolah MAN Yogyakarta 1 atau yang sering disebut MANSA dinyatakan masuk sebagai finalis Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tahun 2015. Ketiga karya yang lolos ini sekaligus menjadikan satu – satunya MA di Indonesia yang mampu meloloskan karya terbanyak ke babak final.

“Se-Indonesia MA yang lolos ke final hanya dua, MANSA dan MAN Lab UIN Yogyakarta. MANSA mengirimkan tiga karya dan MAN Lab UIN satu karya,” ujar Hartiningsih, Wakil Kepala Bidang Humas kepada Edupost.ID. Ditambahkan Hartiningsih, pihaknya patut berbangga  karena sekolahnya telah mampu bersaing dengan sekolah menengah atas favorit di Kota Yogyakarta. Bahkan, menurut Hartiningsih, SMA Teladan 1 Yogyakarta sebagai sekolah unggulan juga hanya mampu mengirim tiga karya.

Tiga karya siswa MANSA yang lolos adalah Karakteristik dan Daya Hemolitik Bakteri Pembentuk Biofilm dari Sampel Plak Kamar Mandi, oleh Askar Adika Agama dan Muhammad Alan Nazlihaq, Nutrisi D : Pengaruh Variasi Pakan terhadap Pertumbuhan Kutu Air (Daphina Magna) sebagai Pakan Alami oleh Hana Hanifah Isnaini dan Trixie Azharine Ambarini, serta Yoghurt dan Limbah Nata sebagai Filler Kaca Helm, oleh Roqi Reflanska dan Salma Jihan Noviarti.

Waka Kesiswaan MANSA, Singgih Sampurno menambahkan, ciri khas karya anak didiknya adalah pengolahan terhadap limbah. Dengan keunikan itu, dirinya meyakini anak didiknya akan mampu berprestasi di babak final pada 11 – 16 Oktober 2015 di Surabaya. “Saya targetnya dua karya masuk 10 besar nasional,” imbuhnya. (Andi)

Check Also

Guru SMK Produktif Diberangkatkan ke Perancis

Belasan Guru SMK Produktif Diberangkatkan ke Perancis

Edupost.id – Sebanyak 16 guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan dua widyaiswara Pusat Pengembangan dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *