Sabtu , 21 Januari 2017
Home / Kabar Sekolah / Berkat Hasil Karya SMKN 3 Madiun, Sampah Tidak Lagi Menjadi Masalah

Berkat Hasil Karya SMKN 3 Madiun, Sampah Tidak Lagi Menjadi Masalah

Edupost.ID – Berkat hasil karya SMKN 3 Madiun, sampah tidak akan lagi menjadi masalah. Sampah yang biasanya menjadi masalah lingkungan, kini dapat digunakan untuk bahan bakar maupun pupuk organik.

Untuk sampah organik, sekolah ini telah mengembangkan komposer pupuk organik yang lebih efektif dan efisien. Sampah organik limbah dapur dapat langsung dimasukkan dalam komposer yang akan menghasilkan pupuk organik cair. “Komposer ini lebih praktis dibanding komposer yang sudah beredar sebelumnya. Dengan komposer ini, kita tidak perlu membuka komposer tiap hari,” ujar Tri Handoko, salah seorang guru sekolah ini ketika ditemui Edupost.ID di acara SMK Expo yang digelar di Jogja Expo Center, Sabtu (30/5).

Tri menambahkan, cara pembuatan pupuk dengan alat ini sangat mudah. “Tiap hari dimasukkan potongan sayuran, air cucian beras, dan sampah organik lainnya ke dalam komposer melalui lubang yang disediakan. Setiap hari bisa langsung memanen pupuk,” terang Tri.

Menurut Tri, untuk pengisian sampah pertama, dibutuhkan waktu dua minggu hingga pupuk siap digunakan. Namun, selanjutnya, pupuk bisa dipanen tiap hari.

Selain komposer, SMKN 3 Madiun juga telah berhasil membuat alat pembuat bahan bakar minyak (BBM). “Dengan limbah plastik, kita bisa membuat bensin,” ujarnya. Ia menambahkan, untuk 1 kg limbah plastik, akan dihasilkan 1 liter bahan bakar yang terdiri dari bensin dan solar.

“Kami memang tengah mengangkat permasalahan yang ada dan coba dicarikan solusinya dengan teknologi sederhana,” ujar Tri. Ia mencontohkan, permasalahan sampah plastik yang sangat mengotori lingkungan dapat diatasi dengan alat pembuat BBM ini. (Andi)

Check Also

Resmi Terbentuk, IGMP Matematika Akan Gelar Konferensi Internasional Matematika

Edupost.ID – Guru matematika di seluruh Indonesia saat ini sudah terwadahi dalam sebuah organisasi baru, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *