Jumat , 24 Maret 2017
Home / Kabar Sekolah / Bukan Penentu Kelulusan, Siswa Tak Bergairah Ikut UN
Soal-Ujian-Terlalu-Sulit-Nilai-UN-SMP-2016-Turun
Siswa SMP

Bukan Penentu Kelulusan, Siswa Tak Bergairah Ikut UN

Edupost.id, Sleman – Ujian Nasional yang sudah tidak lagi menjadi faktor penentu kelulusan ternyata membuat sebagian siswa menjadi tak bergairah mengikuti UN. Hal ini terjadi di MTsN Babadan Baru Sleman, seperti diungkapkan Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum Busroni Majid.

Menurutnya, hal ini menjadi kendala terbesar yang dialami oleh madrasah dalam mempersiapkan UN. “Sejak UN tidak lagi menjadi penentu kelulusan, anak-anak jadi kurang bersemangat,” ujar Majid.

Ketika UN masih menjadi penentu kelulusan, dikatakan Majid, masih banyak siswanya yang justru meraih niai 100 pada UN. Namun, sejak tak lagi dijadikan penentu kelulusan, nilainya semakin menurun.

Majid mengaku sudah berulang kali berusaha membangun semangat belajar siswa-siswanya. Namun, banyak siswa mengaku tak harus memiliki nilai UN yang tinggi karena tak mempengaruhi kelulusan. Para siswa kurang menyadari, bahwa nilai UN akan menjadi syarat pendaftaran di SMA/MA.

Terlepas dari permasalahan itu, Majid mengaku persiapan teknis UN 2016 tak menemui kendala. Pendalaman materi siswa juga sudah dilakukan sejak lama.

“Persiapan pendalaman materi sudah dilakukan sejak kelas VIII. Kami membagi siswa sesuai kemampuan mereka. Ini agar lebih mudah mendampingi,” terangnya.

Ujian Nasional SMP/MTs tahun ini akan digelar pada 9 Mei mendatang. Pada tahun ini, MTsN Babadan Baru Sleman masih melaksanakan UN PBT. Namun, madrasah ini mengaku siap melaksanakan UNBK jika ditunjuk oleh Kemenag. “Kami sudah memiliki komputer sejumlah satu ruang,” pungkas Majid. (Andi)

Check Also

Menteri-Agama-Lukman-Hakim-Saifuddin

Menag Dorong Kepala Madrasah agar Lebih Inovatif

Edupost.id – Kualitas pendidikan madrasah terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Walau demikian, Menag Lukman Hakim Saifuddin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *