Kamis , 21 Juni 2018
Home / Kabar Sekolah / Dukung Literasi, Madrasah Ini Lauching Buku Karya Siswanya

Dukung Literasi, Madrasah Ini Lauching Buku Karya Siswanya

Edupost.id – MAN 3 Bantul akhirnya melaunching Buku Antologi Cerpen dan Puisi karya siswa MAN 3 Bantul. Launching sudah dilaksanakan pada Senin (19/2) di madrasah setempat. Kepala MAN 3 Bantul, Ali Asmu’i mengatakan, launching ini sebagai upaya merealisasikan program literasi sekolah yang tengah digalakkan pemerintah.

Ali mengaku bangga dan syukur atas terbitnya buku antologi puisi dan cerpen karya siswa. Diharapkan karya ini akan memicu dan memacu siswa lain dan bahkan guru pegawai untuk berkarya melalui tulisan.

“Kami harapkan penerbitan buku sejenis akan terus berlanjut dan rutin terbit dengan berbagai tema,” tegas Ali melalui siaran persnya.

Sebelumnya, terang Ali, pihaknya terlebih dahulu menggelar lomba menulis puisi dan cerpen yang diikuti siswa di madrasahnya. Melalui lomba ini telah terjaring 40 cerpen dan 140 puisi dengan tema cinta dan kasih sayang.

Kemudian, karya-karya itu kemudian dibukukan dalam buku yang berjudul Antologi Puisi dan Antoligi Cerpen karya siswa MAN 3 Bantul. Buku Antologi Puisi terdiri dari viii+200 halaman sedangkan buku Antologi Cerpen terdiri darivi+271 halaman.

Lomba ini menutuskan Lukman Nur Hidayat dan Widya Asih Lestari (XII Bahasa) sebagai juara. Widya mengaku senang atas terbitnya buku yang memuat karyanya. Menurutnya karya yang ditulis dan bisa terbit dalam bentuk buku merupakan kebanggaan tersendiri dan menjadikannya semakin bersemangat untuk menulis dan menulis lagi.

“Ini baru pertama kalinya cerpen saya dibukukan. Senang sekali dan akan menjadi kenangnya indah bagi kami. Semoga karya ini akan terus berlanjut dan bisa menginspirasi dan menjadi motivasi siswa lainnya untuk menulis,” imbuh Widya.

Kepala perpustakaan madrasah setempat, Purwaningsih, mengatakan, penerbitan buku antologi tersebut juga upaya perpustakaan menambah koleksi buku. Dengan kegiatan lomba ternyata juga mampu menambah jumlah kunjungan siswa ke perpustakaan untuk membaca dan juga meminjam buku.

“Program ini akan terus kami agendakan setiap tahunnya dan bahkan mungkin setiap semester nantinya,” katanya. (Andi)

Check Also

MAN 3 Bantul Gelar Festival demi Promo Sekolah

MAN 3 Bantul Gelar Festival demi Promo Sekolah

Edupost.id – Kegiatan MAN 3 Bantul Festival kembali digelar di madrasah setempat Sabtu (24/3). Kegiatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=