Jumat , 20 Juli 2018
Home / Kabar Sekolah / E-Madrasah Diluncurkan, Belajar Tak Lagi Terbatas Ruang dan Waktu

E-Madrasah Diluncurkan, Belajar Tak Lagi Terbatas Ruang dan Waktu

Edupost.id – MAN 1 Yogyakarta akan meluncurkan aplikasi e-madrasah untuk merespon kemajuan teknologi di dunia pendidikan. Aplikasi ini akan menjadi ruang belajar yang tak terbatas ruang dan waktu.

Waka Humas MAN 1 Yogyakarta, Hartiningsih menyebut, aplikasi yang akan diluncurkan ini akan mempermudah guru dan siswa dalam mengakses pembelajaran. Guru akan lebih mudah mengupload materi pelajaran dan soal. Begitu juga siswa, lebih mudah mendapat materi dan soal.

“Nantinya anak akan bisa belajar dan mengerjakan soal di manapun dan kapanpun tanpa harus menggunakan kertas. Hasil pekerjaan anak juga langsung bisa dilihat oleh guru,” terang guru yang biasa disapa Aning ini.

Tidak hanya menghubungkan siswa dan guru, aplikasi ini juga menghubungkan guru, siswa, dan orangtua siswa. Para orangtua, kata Aning, dapat memantau hasil belajar anak-anaknya melalui aplikasi ini. Hasil pengerjaan tugas dan ujian siswa secara otomatis akan dapat dilihat oleh orangtua siswa.

Namun, aplikasi ini tidak bisa sepenuhnya menggantikan pembelajaran tatap muka di kelas. Aplikasi ini hanya mempermudah proses pembelajaran.

Selain bermanfaat di bidang akademik, aplikasi e-madrasah juga dapat dimanfaatkan oleh alumni. Aplikasi ini mempermudah para alumni untuk mengurus surat keterangan maupun legalisir ijazah.

“Kalau ada alumni yang mau minta surat dari madrasah bisa menggunakan aplikasi ini. Cari form suratnya, dilengkapi sesuai kebutuhan kemudian dicetak. Kemudian tinggal datang ke madrasah untuk minta stempel. Jadi bisa lebih cepat,” terang Aning.

Aning berharap, hadirnya aplikasi ini akan mempermudah berbagai pihak mengakses informasi berkaitan dengan MAB 1 Yogyakarta. (Andi)

Check Also

Zulfikar Ezzat siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Maju MTQ Nasional

Cuma Belajar dengan Ayah, Siswa Ini Siap Berlaga di MTQ Nasional

Edupost.id – Zulfikar Ezzat tak pernah menyangka jika keputusannya menekuni seni membaca Al Quran pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=