Kamis , 25 Mei 2017
Home / Kabar Sekolah / Ekskul Broadcast di Sekolah Ini Produksi Film Peraih Eagle Award 2014

Ekskul Broadcast di Sekolah Ini Produksi Film Peraih Eagle Award 2014

Edupost.ID – Kegiatan Ekstra Kulikuler (ekskul) Broadcast menjadi ekskul favorit di MAN Yogyakarta 2. Bahkan, ekskul ini telah melahirkan alumni yang telah diakui kemampuannya di bidang broadcast. Demikian disampaikan Waka Kesiswaan sekolah setempat, Afwan Suhaimi kepada Edupost.ID di ruang kerjanya.

“Alumni broadcast setelah mereka lulus dari sini banyak yang telah berhasil. ada alumni sini, sekarang kuliah di UMY yang sering diundang menjadi MC,” ujar Afwan.

Selain itu, kata Afwan, ekskul broadcast juga telah melahirkan produk berupa film dokumenter. Ada satu film yang diproduksi oleh siswa anggota broadcast. Film yang diproduksi tahun 2014 ini mengangkat tema pernikahan dini. Film ini juga masuk 5 besar Nasional Eagle Award 2014.

Selama mengikuti kegiatan ekskul broadcast, siswa akan dilatih memahami jurnalistik, penyiaran radio, dan pembuatan film. “Sebenarnya banyak peminat, tapi kita belum memiliki studio yang baik untuk mendukung kegiatan,” kata Afwan. Menurutnya, selama ini untuk siaran radio pihaknya masih bekerjasama dengan radio swasta di Yogyakarta.

Secara rutin, siswa juga belajar siaran setiap hari pada jam istirahat. Hanya saja, masih menggunakan pengeras suara biasa yang dihubungkan dengan pengeras suara di masing-masing kelas. “Setiap jam istirahat siaran. Lagu yang diputar satu, salam-salamnya yang banyak,” ujar Afwan sambil tertawa. Namun, Afwan sudah bersyukur, walaupun dengan peralatan sederhana, siswanya dapat berlatih dan mengembangkan diri di bidang penyiaran, khususnya siaran radio.

“Saat ini, ekskul Broadcast tengah fokus untuk mengembangkan produksi film. Untuk penyiaran radio dan jurnalistik tetap jalan, hanya saja film lebih digenjot,” imbuh Afwan. (Andi)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *