Sabtu , 20 Oktober 2018
Home / Kabar Sekolah / Enam Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Penghargaan Walikota
MAN Yogyakarta 1
MAN Yogyakarta 1

Enam Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Penghargaan Walikota

Edupost.id – Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti memberikan penghargaan Anugerah IPTEK dan Anugerah Penelitian Kota Yogyakarta 2017 kepada enam siswa MAN 1 Yogyakarta. Penghargaan ini diberikan atas prestasi para siswa ini di bidang penelitian tingkat nasional dan internasional tahun 2017.

Para siswa tersebut adalah Zhahdo Bintang Ramadhan, M. Hanif Nursamsul, dan Farkhan Atoillah, sebagai peraih medali perak tingkat internasional dalam Malaysia Technology Expo (MTE) 2017, 16-18 Februari 2017 silam. Pada ajang itu, ketiga siswa ini menciptakan Antibacterial Batiq Textiles, sebuah aplikasi nanopartikel perak sebagai agen alternative pelapis antibakteri dan pelindung warna kain batik.

Tiga siswa lain yang mendapat penghargaan Walikota adalah Hayuni Mu’afa Fajri, Isyraq Khairunnisa, dan Evy Shofia. Ketiganya telah meraih medali emas dalam Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) tahun 2016. Pada ajang itu mereka membuat penelitian dengan judul “Hubungan Keikutsertaan pada Kegiatan Rohis terhadap Pemahaman dan Sikap Radikalisme Pelajar SMA/MA Kota Yogyakarta”.

Selain meraih medali emas OPSI 2016, ketiga siswa ini juga meraih juara III kategori penelitian pelajar dengan judul “Revitalisasi Rohis SMA untuk Deradikalisasi Agama di Kalangan Pelajar”.

Usai penerimaan penghargaan, Farkhan Atoillah mengajak, agar para siswa untuk tetap semangat untuk melakukan penelitian. Menurutnya, penelitian sangat penting, karena akan mendapatkan ilmu baru, serta dapat membantu masyarakat. “Jangan sampai hanya karena faktor biaya jadi kendor semangat menelitinya,”ujarnya.

Sementara itu Zhahdo Bintang Ramadhan mengatakan, bagi siswa yang telah memilih ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR) telah mengamalkan hadits nabi, tepat dan bermanfaat. “Sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain,”ungkapnya.

Check Also

Zulfikar Ezzat siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Maju MTQ Nasional

Cuma Belajar dengan Ayah, Siswa Ini Siap Berlaga di MTQ Nasional

Edupost.id – Zulfikar Ezzat tak pernah menyangka jika keputusannya menekuni seni membaca Al Quran pada …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=