Jumat , 21 Juli 2017
Home / Kabar Sekolah / Fasilitasi Siswa, SMKN 3 Yogyakarta Operasikan TV Sekolah

Fasilitasi Siswa, SMKN 3 Yogyakarta Operasikan TV Sekolah

Edupost.ID, Yogyakarta – Sebagai sekolah kejuruan yang bertekad mencetak siswa yang berkompetensi tinggi, berbagai upaya telah dilakukan. Salah satunya dengan mengoperasikan sebuah program televisi yang bernama Skagata TV.

“Kita ingin mengajak anak praktek langsung di bidang multimedia. Selain itu, TV ini juga bisa jadi media promosi sekolah,” kata Dodot, Waka Humas SMKN 3 Yogyakarta kepada edupost.ID.

Ditambahkan Dodot, program siaran TV ini dapat diakses oleh masyarakat umum melalui youtube. Program ini diakui Dodot memang masih tahap pengembangan. Oleh karenanya, baru dapat dipancarkan melalui youtube.

Seluruh program siaran TV ini dikerjakan oleh siswa. Awalnya pihak sekolah merekrut beberapa siswa untuk menjalankan program ini melalui mekanisme seleksi. Materi seleksi yang utama adalah kemampuan komunikasi yang baik. Siswa yang lolos seleksi berasal dari beberapa jurusan, tetapi mayoritas dari Jurusan Multimedia. Peran sekolah hanyalah sebagai pendamping dan pembimbing.

Dodot menambahkan, untuk sementara sejak pertama kali diluncurkan pada Februari 2015, hanya satu acara yang telah rutin dilaksanakan. “Tiap bulan Live Streaming wawancara guru dan karyawan,” ujar Dodot.

Mengenai sarana prasarana, menurut Dodot juga masih sederhana. Untuk menunjang kegiatan, sekolah telah menyediakan sebuah ruangan yang berfungsi sebagai studio dikengkapi dengan perangkat kamera.

“Kami memiliki studio sederhana dengan beberapa kamera,” imbuhnya.

Selain siaran televisi, pihaknya juga berencana mengoperasikan siaran radio. Program radio ini sebenarnya atas keinginan siswa jurusan elektronika. Tentunya, untuk program televisi juga akan terus dikembangkan terkait acara, sarana prasarana, juga jaringan penyiaran. (Andi)

Check Also

Andi Kurniawan, service management region BNI Kantor Wilayah Yogyakarta, memberikan pelatihan kepada para tenaga kependidikan di Fakultas Farmasi UGM.

Tingkatkan Layanan, Fakultas Farmasi UGM Gelar Pelatihan Tenaga Kependidikan

Yogyakarta – Untuk meningkatkan kualitas layanan bagi mahasiswa, mitra, atau tamu, Fakultas Farmasi UGM bekerja …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *