Selasa , 17 Januari 2017
Home / Kabar Sekolah / Gaji Kecil, Guru Honorer Buka Bisnis Sampingan
guru
Ilustrasi. Guru

Gaji Kecil, Guru Honorer Buka Bisnis Sampingan

Edupost.ID, Bogor – Kesejahteraan guru honorer hingga kini masih dipertanyakan. Mereka yang sudah mengabdi di sekolah selama bertahun-tahun, masih belum mendapatkan gaji yang sesuai. Wajar, jika sejumlah guru honorer memilih mencari penghasilan tambahan dengan membuka bisnis sampingan demi mencukupi biaya hidup keluarganya.

“Untuk kesejahteraan memang jauh dibandingkan dengan karyawan di perusahaan swasta. Jadi jangan heran kalau banyak guru honorer yang mempunyai bisnis sampingan untuk menopang kebutuhan hidupnya,” tutur Yoesi Ika Fiandarti, Guru Bimbingan Karir SMKN 1 Bogor kepada Edupost.ID.

Yoesi mengungkapkan, karyawan swasta yang lulusan SMA/SMK menggunakan standar UMR untuk mendapatkan gaji.  Sedangkan, dunia guru tidak mengenal istilah UMR. “Untuk masalah honor, dimana-mana yang namanya honorer apalagi di sekolah negeri harus siap-siap mengabdi,” ucap Yoesi.

Menurutnya, nominal honor tergantung jam pelajaran yang diambil guru. “Jadi beragam nominalnya,” jelasnya.

Namun, Yoesi menegaskan bahwa tidak ada diskriminasi bagi guru honorer di sekolahnya. “Kami diperlakukan sama posisinya sebagai guru, tidak dibedakan antara PNS dan honorer. Saya kurang hapal jumlah keseluruhan guru honorer di SMKN 1 Bogor. Tapi, yang pasti di sekolah kami tidak ada diskriminasi terhadap guru honorer,” ujarnya. (Nisa)

Check Also

Lulus-SBMPTN-Ini-Langkah-Selanjutnya

Delapan Cara Mudah Hadapi Seleksi PTN 2017

Edupost.ID- SNMPTN atau SBMPTN adalah salah satu tes masuk perguruan tinggi dengan jalur tertulis. Setiap …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *