Sabtu , 24 Juni 2017
Home / Kabar Sekolah / Guru MTs Giriloyo Juarai Lomba Cerpen Festival Geopark
Siska Yuniati ketika menerima penghargaan
Siska Yuniati ketika menerima penghargaan

Guru MTs Giriloyo Juarai Lomba Cerpen Festival Geopark

Edupost.id – Siska Yuniati, guru MTs Negeri Giriloyo Imogiri Bantul dinobatkan sebagai pemenang pertama lomba menulis cerpen Festival Geopark Gunung Sewu 2016. Cerpen berjudul ‘Serenada Pantai Gesing’ ini bertemakan kehidupan masyarakat di Pantai Gesing.

Cerpen tersebut menurut Siska didasarkan atas sebuah riset langsung ke Pantai Gesing. “Saya ke Pantai Gesing khusus untuk riset cerpen ‘Serenada Pantai Gesing’. Saya pikir kompetisi yang digagas oleh Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Gunungkidul ini untuk kepentingan promosi pariwisata. Oleh karena itu, selama riset saya berusaha merasakan langsung potensi pantai, mencoba makanan, hingga wawancara dengan nelayan,” papar guru yang beberapa tahun lalu meraih penghargaan Internet Sehat Blog & Content Award tersebut.

Cerpen karya Siska ini bercerita tentang kehidupan seorang pemuda urban, Bagas, yang pindah ke Kota Yogyakarta agar bisa berdampingan dengan kekasih hatinya. Namun sayang, yang terjadi tidak linear dengan bayangan Bagas. Kekasih hatinya ternyata pergi meninggalkannya.

Setelah kepergian sang kekasih, Bagas pulang ke Pantai Gesing. Dalam perjalanan pulang itulah dirinya terbayang dengan berbagai hal yang telah dialaminya selama ini, tentang kehidupan masyarakat di kampungnya, tentang keluarganya yang pelaut, dan tentang Kinanti, seorang teman perempuannya yang memilih tinggal di kampung menjadi guru honorer.

Sosok Kinantilah yang menjadi rujukannya pada kepulangannya kali itu. Diiringi ombak pantai Gesing, meluncurlah cerita sedih percintaannya. Dari bibir Kinanti akhirnya Bagas mengetahui siapa sosok asli kekasihnya selama ini. Dalam kesadaran tersebut, secara mengejutkan timbul kesadaran lain, tentang sosok Kinanti itu sendiri yang diam-diam mulai dicintainya.

Pemberian penghargaan dilakukan di Pantai Baron, Sabtu (24/9). Pemberian tersebut berlangsung bersamaan dengan pemberian penghargaan kepada pemenang loba fotografi, lomba lukis kentongan, dan lomba lari 10.000 meter. (Andi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *