Minggu , 22 Januari 2017
Home / Kabar Sekolah / Guru SMPN 1 Sedayu Bantul Memenangkan Kompetisi di Amerika

Guru SMPN 1 Sedayu Bantul Memenangkan Kompetisi di Amerika

Edupost.ID, Bantul – Kabar gembira datang dari Muhammad Zulham, guru SMPN 1 Sedayu Bantul. Ia berhasil membawa pulang prestasi gemilang tingkat dunia dalam ajang Microsoft in Education Global Forum, Educator Exchange di Redmond Washington Amerika Serikat pada 28 April hingga 1 Mei 2015 lalu. Dalam perhelatan itu, guru kelahiran Bantul 15 Juni 1977 ini meraih juara 2 kategori Learning Activity.

Dalam kompetisi kelas dunia itu, Zulham mempresentasikan konsep pembelajaran di kelas dengan metode galery work. Dalam sesi tersebut, ia juga memperlihatkan rekaman proses kegiatan di SMPN 1 Sedayu Bantul yang menggunakan metode galery work.  Lelaki berputra dua ini mengungkapkan, metode tersebut menuntun siswa untuk lebih berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Zulham berhasil memadukan portal edukator  dengan sejumlah alat bantu guru dalam mengajar.  Dari berbagai alat itu, ia memanfatkan salah satu  teknologi yang dipadukan dengan sistem pembelajaran di kelas dengan  menggunakan metode galery work.

Dalam metode itu, dalam satu ruang kelas akan terbagi dalam beberapa kelompok. Masing-masing kelompok akan mempersiapkan jawaban untuk sebuah soal. Semua jawaban dari soal akan ditampilkan di depan kelas dengan dipandu juru bicara untuk memberikan penjelasan.

“Karena masing-masing kelompok beda soal, siswa akan mendapatkan variasi ilmu cukup banyak,” jelasnya.

Sistem pencarian jawaban tidak terbatas memanfaatkan sumber dari buku.  Zulham memberikan keleluasaan kepada anak didiknya memanfaatkan teknologi, baik handphone, gadget dan browsing internet. (Andi)

Check Also

Resmi Terbentuk, IGMP Matematika Akan Gelar Konferensi Internasional Matematika

Edupost.ID – Guru matematika di seluruh Indonesia saat ini sudah terwadahi dalam sebuah organisasi baru, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *