Senin , 29 Mei 2017
Home / Kabar Sekolah / Hadapi MEA, SMKN 3 Yogyakarta Sertifikasi Keahlian Siswa

Hadapi MEA, SMKN 3 Yogyakarta Sertifikasi Keahlian Siswa

Eduposrt.ID, Yogyakarta – Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sudah mulai berjalan sejak 31 Desember 2015. Pelaksanaan MEA ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi Indonesia. Terlebih, di tengah ketidakpastian kurikulum pendidikan di negeri ini.

“Tantangan berat bagi kita untuk menghadapi MEA, karena kurikulum belum matang,” ungkap Waka Humas SMK N 3 Yogyakarta Dodot Yuliantoro di ruang kerjanya Kamis (7/1).

Menurutnya, kurikulum yang dipakai masih belum jelas. Walaupun di sekolahnya sudah menggunakan Kurikulum 2013, tetapi pihaknya juga mengkhawatirkan akan adanya pergantian kurikulum lagi, karena ada wacana akan diberlakukannya kurikulum nasional. Pihaknya juga belum mengetahui secara pasti tentang kurikulum nasional itu.

Untuk menyiapkan siswa menghadapi MEA, pihaknya tengah fokus meningkatkan kompetensi siswa. Salah satunya adalah dengan melakukan sertifikasi keahlian untuk para siswa di sekolahnya.

“Yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi kita adakan sertifikasi,” ujarnya. Menurutnya, program sertifikasi menjadi syarat utama seorang tenaga kerja untuk terjun ke dunia kerja dalam MEA.

Selama ini program sertifikasi sudah dilakukan oleh sekolah. Pada tahap awal sudah dilakukan sertifikasi untuk siswa jurusan bangunan sejumlah 100 orang. Untuk jurusan yang lain masih akan menyusul. Mengenai pelaksanaan sertifikasi pihaknya telah menggandeng beberapa perguruan tinggi seperti UNY dan UKDW. (Andi)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *