Kamis , 25 Mei 2017
Home / Kabar Sekolah / Hadapi UNBK, SMAN 6 Bogor Siapkan Genset

Hadapi UNBK, SMAN 6 Bogor Siapkan Genset

Edupost.ID, Bogor – SMAN 6 Bogor tahun ini telah menyatakan diri siap menggelar Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Pihak sekolah mulai menyiapkan berbagai hal termasuk kemungkinan masalah yang mungkin muncul. Sekolah telah menyiapkan generator set (genset) untuk mengantisipasi bila terjadi mati lampu.

“Kami berusaha mencari genset. Kami juga percaya bahwa UNBK adalah hajat nasional dan pemerintah bisa menginisiasi kerjasama dengan PLN dan Telkom. Sehingga mereka bisa memastikan tidak ada ganguan dari teknis,” ujar Wakil Kepala Sekolah Bagian Kurikulum, Ikhsan kepada Edupost.ID.

Ikhsan menambahkan bahwa pihak sekolah menyiapkan lima ruangan untuk pelaksanaan UNBK. Ruangan tersebut terdiri dari empat ruangan utama dan satu ruang cadangan. Setiap ruangan terdapat 28 komputer utama dan dua komputer cadangan. Jika siswa melakukan kesalahan, mereka tidak perlu pindah ke ruang cadangan karena masih terekam pekerjaannya di ruangan utama. Jika mereka pindah, maka soal dikerjakan dari awal.

“Yang berat, menyiapkan sarana dan prasarana karena berkaitan dengan pendanaan. Kalau kami berkaitan dengan SDM nya. Kita sudah melakukan studi banding ke sekolah yang sudah melakukan UNBK tahun lalu yaitu SMKN 2 Bogor. Jadi minimal kami memiliki informasi awal,” jelasnya.

Persiapan lainnya menurut Ikhsan yaitu melakukan sosialisasi kepada orangtua dan siswa. Sosialisasi dengan siswa berupa penyampaian informasi UNBK ke tiap kelas serta melakukan dua kali simulasi pada bulan Desember dan Februari. Selain itu, para guru sudah diberikan waktu untuk mengkaji kisi-kisi.

“Kami juga ada try out rencananya pertengahan Februari, untuk try out lokal kita pakai CBT dan bukan paper based. Kami kerjasama dengan sekolah di Kota Bogor yang memiliki program latihan itu, sehingga anak siap menghadapi UNBK,” tambahnya. (Nisa)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *