Sabtu , 21 Januari 2017
Home / Kabar Sekolah / Jelang UN, SMP BOPKRI 3 Tanamkan Kejujuran pada Siswa

Jelang UN, SMP BOPKRI 3 Tanamkan Kejujuran pada Siswa

Edupost.Id, Yogyakarta – Ujian Nasional tidak hanya mencari nilai yang tinggi. Namun, yang tidak kalah penting adalah menjaga integritas atau kejujuran dalam melaksanakan UN. SMP BOPKRI 3 Yogyakarta sebagai sekolah yang menjunjung tinggi nilai-nilai agama Kristen, sekolah ini selalu menanamkan kejujuran melalui pembinaan rohani.

“Saya setuju, anak harus mampu mempertahankan kejujuran dalam UN tahun ini mengingat Kota Yogyakarta mendapat indeks integritas tinggi,” ujar kepala SMP BOPKRI 3 Yogyakarta, Atun Pratiwi menanggapi Indeks Integritas UN.

Bentuk pembinaan itu di antaranya pembacaan Firman Tuhan dan doa bersama. “Sebelum pelajaran ada pembacaan Firman dan doa bersama,” ujar Atun Rabu (3/2). Pembinaan rohani yang dilakukan sekolah ini secara berjenjang.

Selain itu, sekolah ini juga menerapkan Koperasi kejujuran. Siswa yang akan membeli dapat mengambil sendiri barang yang akan dibeli setelah meninggalkan uang sesuai harga barang yang dibeli.

Nilai-nilai kejujuran juga dapat disisipkan dalam mata pelajaran tertentu. Di sekolah ini, disisipkan nilai-nilai kejujuran pada mapel PKn dan Pendidikan Agama.

“Saya yakin anak-anak bisa jujur dalam UN,” kata Atun.

Sementara itu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Anies Baswedan berharap, indeks integritas UN tahun ini dapat ditingkatkan. Untuk mewujudkan hal ini, peran sekolah dalam mendampingi siswa sangatlah penting. (Andi)

Check Also

Resmi Terbentuk, IGMP Matematika Akan Gelar Konferensi Internasional Matematika

Edupost.ID – Guru matematika di seluruh Indonesia saat ini sudah terwadahi dalam sebuah organisasi baru, …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *