Sabtu , 21 Januari 2017
Home / Kabar Sekolah / Jelang UNBK 2016, SMPN 5 Yogyakarta Adakan Gala Widiatama

Jelang UNBK 2016, SMPN 5 Yogyakarta Adakan Gala Widiatama

Edupost.ID, Yogyakarta – Sebagai sekolah favorit di Yogyakarta, SMPN 5 Yogyakarta tengah serius menyiapkan siswa-siswanya menghadapi UNBK 2016. Pihak sekolah telah memulai program Gala Widiatama yang merupakan program khusus pendalaman materi UN yang dilaksanakan di luar jam biasa.

“Kami sudah memulai program Gala Widiatama sejak bulan September 2015,” ungkap Waka Kurikulum SMPN 5 Yogyakarta, Abdurrahman,M.Pd.Si., kepada Edupost.Id Senin (25/1).

Dijelaskannya, program ini menggunakan sistem high and low. Seluruh siswa kelas IX dibagi dalam 10 ruang yang disebut Gala 1 hingga Gala 10. Gala 1 dihuni oleh siswa yang memiliki penguasaan materi tertinggi. Sebaliknya Gala 10 dihuni oleh siswa yang memiliki penguasaan materi terrendah.

Pengelompokkan siswa ini berdasarkan hasil tes awal. Nilai tes ini sebagai dasar penentuan kelas siswa. Secara berkala, sekolah akan melakukan tes lanjutan. Hasil tes ini nantinya akan digunakan sebagai dasar pengelompokkan kelas baru bagi siswa. Jadi, pengelompokkan siswa akan selalu berubah sesuai hasil tes berkala.

Pengelompokkan ini bukan tanpa alasan. Menurut Abdurrahman, pengelompokan bertujuan untuk memaksimalkan penguasaan materi siswa. Siswa yang masuk dalam kelas bawah akan mendapat perlakuan khusus.

“Kelas atas hanya diberi stimulus, kelas bawah akan dituntun,” ujar Abdurrahman.

Tidak hanya siswa yang mendapat pendampingan, para guru juga turut mendapat pendampingan. Bagian kurikulum telah melakukan bedah SKL agar para guru semakin mantap mendampingi siswa.

“Kami adakan bedah SKL kepada teman-teman guru. Bedah SKL itu kemudian diejawantahkan dalam soal,” terang Abdurrahman. (Andi)

Check Also

Program luar angkasa Rusia dan NASA

Rusia dan NASA Laksanakan Misi ke Venus

Edupost.ID- Program luar angkasa Rusia dan NASA bekerja sama dalam misi ke Venus untuk mencoba …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *