Rabu , 18 Januari 2017
Home / Kabar Sekolah / Kaca Helm Anti Air Karya Siswa MAN Yogyakarta 1

Kaca Helm Anti Air Karya Siswa MAN Yogyakarta 1

Edupost.ID, Yogyakarta – Para pengendara sepeda motor umumnya mengeluh ketika kondisi hujan. Kaca helm yang basah akibat hujan dapat mengganggu penglihatan. Dua siswa MAN Yogyakarta 1 menemukan solusi permasalahan itu melalui penelitian yang berjudul “Yoghurt dan limbah Nata sebagai filter Kaca Helm Hidrofobik (anti air)”. Mereka adalah Roqi Reflanska Bintang Mahardika dan Salma Jihan Noviarini.

Berkat penelitiannya tersebut, mereka berhasil memperoleh medali emas dalam ajang Olimpiade Penelitian Siswa Indonesia (OPSI) 2015.

Kepada Edupost.ID, Roqi dan Salma mengaku merasa senang dengan keberhasilan ini. Ia juga berharap prestasi MAN Yogyakarta I, terus meningkat dan bisa bersaing tingkat nasional dan internasional.

Roqi, siswa kelas XII IPA 1 ini menuturkan, penelitiannya berawal dari pengalaman pribadi, saat mengendarai motor waktu hujan, helm yang ia kenakan tertutup oleh embun air hujan. Ia kemudian berpikir untuk membuat helm hidrofobik. Namun, karena bahan kimia untuk membuatnya harus dibeli dengan harga yang sangat mahal, maka ia pun mulai mencari alternatif lain. Akhirnya, siswa kelahiran Magelang 5 Juni 1998 itu mencoba melakukan penelitian terhadap limbah nata dan yoghurt.

Selama bulan Januari hingga Agustus, ia bersama Salma memusatkan pikiran dan tenaga untuk meneliti limbah nata dan yoghurt. Alhasil, ia menemukan, limbah yoghurt memiliki sifat hidrofobik.  “Asam laktat limbah yoghurt dipolimerkan, didapat Poli Asam Laktat, kemudian dicampurkan ke dalam bahan pembuatan kaca helm,” kata Roqi.

Kedua peneliti muda itu mengaku, sampai saat ini konsep itu memang belum bisa diterapkan dalam pembuatan kaca helm. Namun, keakuratan penelitiannya ini sudah dibuktikan dalam bentuk plat.

“Baru dibentuk plat yang memang teruji hidrofobik,” ujar remaja yang mengaku tinggal di asrama siswa putra MAN Yogyakarta 1 itu.

Mereka mengaku akan terus menyempurnakan hasil penelitiannya. Bahkan, mereka berharap akan tercipta helm anti air seperti hasil penelitian mereka. (Andi)

Check Also

SBMPTN

Pendaftaran Bidikmisi 2017 Sudah Dibuka

Edupost.ID – Proses pendaftaran Bidikmisi 2017 mulai dibuka. Bidikmisi merupakan program bantuan biaya pendidikan bagi …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *