Sabtu , 25 Maret 2017
Home / Kabar Sekolah / Kemah Bakti MAN Tempel Latih Kepekaan Sosial Siswa
Kemah Bakti Man Tempel
Kemah Bakti MAN Tempel (foto: MAN Tempel dok)

Kemah Bakti MAN Tempel Latih Kepekaan Sosial Siswa

Edupost.id, Sleman – MAN Tempel menggelar Kemah Bhakti Pramuka yang diikuti sebanyak 208 siswa di Bumi perkemahan Memorial Camp Banaran Kidul, Banguncipto Sentolo, Kulonprogo, beberapa waktu lalu. Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kemandirian dan kepekaan siswa terhadap lingkungan dan sosial. Selain itu, untuk lebih mendekatkan siswa dengan masyarakat sekitar serta membangun silaturahim yang baik antar siswa dan lembaga dan sekolah.

Ketua Kamabigus, Rahmat Mizan dalam sambutan upacara pembukaan mengatakan, gerakan pramuka sekarang dituntut lebih kreatif dan harus mampu masuk ke seluruh lapisan masyarakat, sehingga pramuka tidak dipandang sebelah mata. “Pramuka adalah wadah yang tepat untuk memberi contoh yang baik bagi masyarakat dan generasi muda agar tidak tergerus oleh perkembangan jaman yang semakin merajalela,” ungkapnya. Upacara pembukaan juga dihadiri Pembina Pramuka, Pembina OSIS dan pendamping yang terdiri dari guru dan Wali Kelas X.

Dalam Kemah Bhakti tersebut, dilaksanakan berbagai jenis kegiatan yang difokuskan kepada pelatihan lingkungan dan sosial diantaranya pemilahan sampah masyarakat, kegiatan bersih lingkungan, pemberian sembako ke penduduk sekitar yang membutuhkan dan berbagai kegiatan pertanian berbasis masyarakat. Selain itu, juga digelar berbagai lomba seperti lomba ketrampilan pembuatan drakbar, outbond, dan lomba-lomba ketangkasan lainnya.

“Kegiatan tersebut tentunya berlatar belakang pada basis madrasah untuk mencetak siswa berilmu, unggul terampil, mandiri dan berwawasan lingkungan dengan ketrampilan dan keahlian yang nantinya dapat diterapkan di tengah masyarakat, “ tandas Kak Tri Handayani, Ketua Tim Adiwiyata MAN Tempel.

Sementara itu, Pembina Pramuka dan Dewan Ambalan, Sumarlan mengapresiasi dan mengucapkan selamat, kepada seluruh peserta kegiatan dan berharap kegiatan serupa dapat dilaksanakan sehingga pramuka semakin dikenal masyarakat dan bukan hanya di sekolah yang identik dengan baris berbaris dan menyanyi saja.

“Pramuka itu ya kita, kita yang mampu terjun ke semua lapisan masyarakat untuk berbuat lebih baik ke depan dan menjadi generasi muda yang kreatif, inovatif serta inspiratif sesuai dengan perkembangan teknologi masa kini, “ ungkap Sumarlan. (Mer)

Check Also

Menteri-Agama-Lukman-Hakim-Saifuddin

Menag Dorong Kepala Madrasah agar Lebih Inovatif

Edupost.id – Kualitas pendidikan madrasah terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Walau demikian, Menag Lukman Hakim Saifuddin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *