Rabu , 18 Januari 2017
Home / Kabar Sekolah / Kemdikbud Acungi Jempol Kegiatan MOS di SMPN 4 Pakem
SMPN 4 Pakem
SMPN 4 Pakem

Kemdikbud Acungi Jempol Kegiatan MOS di SMPN 4 Pakem

Edupost.id, Sleman – Kemdikbud memberikan acungan jempol atas keberhasilan SMP Negeri 4 Pakem dalam menerapkan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang bebas kekerasan. Hal ini disampaikan Sekretaris Ditjend Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Kemdikbud, Thamrin Kasman dalam kunjungannya ke Yogyakarta dalam rangka memantau kebijakan PLS di sekolah..

Di sekolah ini, diakui Kepala Sekolahnya, Ponidi, sejak dulu tidak pernah dilakukan perploncoan dan kekerasan selama MOS. Ponidi menuturkan, pihak Kemdikbud sangat mengapresiasi sekolah yang sudah menerapkan kebijakan pemerintah tentang PLS yang bebas dari kekerasan.

Digulirkannya peraturan pelarangan MOS dengan kekerasan dan perploncoan ditanggapi positif sekolah unggulan di Kabupaten Sleman ini. “Sejak dulu tidak pernah ada perploncoan di sini. Adanya larangan perploncoan, kami tanggapi biasa aja karena kami memang tidak pernah melakukannya,” ujar Ponidi kepada Edupost.id, Selasa (19/7).

Pihaknya memanfaatkan waktu PLS untuk mengenalkan sekolah dan seluruh kebijakan yang ada kepada siswa baru. Melalui kegiatan ini, siswa dijak mengenal tentang kebijakan seperti tata tertib, sistem pembelajaran, dan lainnya. Untuk menghindari kebosanan, sistem kegiatan PLS didesain dengan menarik dan komunikatif. “Anak tidak hanya disuruh mendengar, tapi diberi kesrmpatan berdiskusi,” imbuhnya.

Komunikasi dengan pihak orang tua juga sudah dilakukan. Pihak sekolah telah menyediakan media komunikasi dengan orang tua melalui website sekolah, sms, maupun WA. (Andi)

Check Also

SD-Balerante-Tutup-PLS-dengan-Kirab

SD Balerante Tutup PLS dengan Kirab

Edupost.ID – SD Muhammadiyah Balerante menutup pengenalan lingkungan sekolah dengan acara unik, yakni gendong-gendongan. Kakak …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *