Selasa , 25 Juli 2017
Home / Kabar Sekolah / Kenakalan Remaja, Libatkan Pelajar SMP dan SMA

Kenakalan Remaja, Libatkan Pelajar SMP dan SMA

Edupost.ID, Yogyakarta – Selama tahun 2015, banyak terjadi kasus kenalan remaja. Beragamnya kasus yang terjadi didominasi kriminalitas dan seks bebas yang melibatkan remaja usia SMP dan SMA.

“Kenakalan remaja terjadi karena mereka tak lagi punya idola untuk dicontoh. Apalagi orang tua kurang mengawasi anak-anaknya,” ungkap Suharno kepala SMPN 8 Yogyakarta.

Ditambahkan Suharno, tontonan televisi maupun pemberitaan media masa sebagian besar memuat hal negatif, seperti kekerasan. Oleh karenanya tidak mengherankan jika para remaja, menurut Suharno, cenderung meniru perbuatan menyimpang.

“Saya di sekolah sering mengatakan kepada anak, tidak ada lagi idola untukmu, jadi kamu yang harus jadi idola untuk teman-temanmu,” tambah Suharno.

Selain itu, dirinya berusaha dekat dengan siswa-siswanya untuk memberi perhatian yang maksimal. Tentunya pengawasan dengam pendekatan agama juga tetap diupayakan. “Kami biasakan anak-anak salat berjamaah,” kata Suharno.

Untuk memberikan pendidikan karakter bagi siswanya, Suharno juga menerapkan kantin kejujuran. Di ruang lobi sekolah ini terdapat sebuah lemari pendingin yang berisi minuman dingin. Di kaca pintu lemari pendingin itu hanya tertulis daftar harga minuman. Siapapun yang ingin membeli dapat mengambil sendiri minuman yang diinginkan. Untuk pembayarannya dapat langsung dimasukkan ke dalam kotak pembayaran yang tersedia.

Siapapun yang tidak jujur dan mengambil minuman tanpa membayar tak akan diketahui oleh orang lain. Namun, menurut Suharno selama ini uang pembayaran selalu pas dengan barang yang berkurang. (Andi)

Check Also

Bandung-Masagi-Pendidikan-Karakter-Terbaru-di-Sekolah

Bandung Masagi, Pendidikan Karakter Terbaru di Sekolah

Edupost.id – Bandung Masagi merupakan model pendidikan karakter terbaru di sekolah yang dirumuskan Dinas Pendidikan Kota …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *