Minggu , 22 Januari 2017
Home / Kabar Sekolah / Kiprah Kelas Robotik MAN 3 Jakarta

Kiprah Kelas Robotik MAN 3 Jakarta

Edupost.ID, Jakarta – Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Jakarta belum lama ini berhasil menjuarai lomba robotik tingkat nasional. Kelas Robotik di sekolah tersebut masuk ke dalam kelas peminatan dan difasilitasi sekolah. Robot yang dipelajari adalah jenis lego.

Ratno Pujianto, Guru TIK MAN 3 Jakarta mengaku, senang MAN 3 bisa mewakili Jakarta untuk memenangi kompetisi robot tingkat nasional, yaitu sebagai juara II. “Tidak menyangka dan senang dengan hasil yang diperoleh,” tuturnya.

Awal mula dari pembentukan kelas ini adalah ide dari guru TIK. ” Saya mengajukan ke sekolah dan baru di aplikasikan beberapa hari ini. Satu set yang sudah terbeli sekitar Rp. 7,3000.000,” tuturnya.

Ia menjelaskan, yang membuat menarik ialah karena robot itu keren dan merupakan salah satu tantangan dalam merancangnya. Sulit itu terasa karena belum terbiasa dan belum familiar. Pada dasarnya, banyak orang tua murid yang belum tahu mengenai kelas peminatan ini.

Ia mengatakan, motivasi membuka kelas peminatan ini, karena ingin mengenalkan dunia robotik pada anak, dan di dunia kerja bisa lebih jauh pengetahuannya serta mereka bisa membuatnya. Untuk mengikuti lomba, awalnya tau dari kepala sekolah, dan dapat info dari internet serta meminta surat rekomendasi dari kanwil. Motivasi ikut lomba ingin memberi pengalaman pada anak.

Bila indonesia menggunakan robot pada kehidupan dunia, ada dua sisi. Memudahkan dalam bekerja, namun bisa mengikis lapangan kerja, positif dan negatif.

Ia berharap untuk guru, bisa mencoba berkecimpung di dunia robotik dan orang tua juga mendukung dan bagi siswa banyak yang ikut andil dalam kegiatan ini. Sedangkan untuk pemerintah, agar TIK kembali dimasukkan ke dalam kurikulum dan robot bisa diperhatikan perkembangannya.

Ia menambahkan agar siswa bisa mengimbangi ini dalam kehidupan sehari-hari, yaitu dengan memberi pemahaman pada mereka bahwa dunia teknologi berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan teknologi semakin semangat dalam menjalani hidup dan dekat dengan Yang Maha Kuasa.

Hal serupa juga disampaikan oleh salah satu peserta yang ikut dalam lomba, yaitu Muhammad Ulul Azmi, siswa kelas 12 IPA MAN 3 Jakarta. “Cukup memuaskan, lombanya cukup menantang dari segi program dan saingannya. Awalnya tidak menyangka dan berjuang menjalani program yang diminta oleh juri,” terangnya.

Ia berharap untuk sekolah, ditingkatkan dari segi anggaran dan sumber daya manusia agar lebih maju dan untuk pemerintah harus dikembangkan agar indonesia bisa bersaing karena indonesia memiliki prestasi yang banyak tentang robot. (Reza)

Check Also

Antraks Serang Ternak di Kulonprogo, UGM Himbau Masyarakat Tetap Waspada

Antraks Serang Ternak di Kulonprogo, UGM Himbau Masyarakat

Edupost.ID – Dalam beberapa waktu terakhir, masyarakat di wilayah Yogyakarta diresahkan dengan kabar kasus antraks …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *