Senin , 23 Juli 2018
Home / Kabar Sekolah / KPAI Minta Pemprov DKI Jakarta Rehab SMPN 32 Jakarta yang Roboh
Bangunan SMPN 32 Jakarta yang roboh. foto : KPAI
Bangunan SMPN 32 Jakarta yang roboh. foto : KPAI

KPAI Minta Pemprov DKI Jakarta Rehab SMPN 32 Jakarta yang Roboh

Edupost.id – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) telah mengunjungi SMPN 32 Jakarta pada Jumat (22/12) yang bangunannya telah roboh sehari sebelumnya. Dalam kunjungan ini, KPAI diwakili oleh Retno Listyarti (Komisioner Bidang Pendidikan) dan Susiana Affandi (Komisioner Bidang Sosial dan Anak Dalam Situasi Daerurat).

Saat pengawasan, KPAI diterima oleh manajemen SMPN 32 Jakarta yang terdiri dari Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah, Kepala Tata Usaha dan beberapa staf. Namun, setelah meminta keterangan sekitar 30 menit, kepala sekolah dan kepala TU berangkat menghadap Inspektorat Pemprov DKI Jakarta.

Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti, meminta Pemprov DKI Jakarta segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengambil langkah darurat dan cepat dalam mengatasi persoalan ini. KPAI berharap, setelah libur semester ganjil, para siswa dapat dijamin keselamatan dalam proses pembelajaran mengingat bangunan yang roboh masih menyisakan bagian bangunan yang miring yang memiliki kemungkinan akan menyusul roboh.

“KPAI merekomendasi jika memungkinkan Pemprov DKI Jakarta memindahkan para siswa SMPN 32 Jakarta ke tempat yang lebih aman untuk proses pembelajaran sampai gedung SMPN 32 Jakarta selesai di rehab total,” kata Retno.

Retno juga mengaku akan berkoordinasi dengan Kemdikbud RI khususnya Dirjen Kebudayaan untuk memastikan bahwa bangunan sekolah ini masuk dalam penetapan situs cagar budaya. Hal ini penting agar menjadi jelas kedepannya ketika rehab total bangunan ini.

“Direktorat Kebudayaan Kemdikbud semestinya ikut mengawasi dan mendukung penyelamatan situs cagar budaya jika memang benar bahwa bangunan SMPN 32 Jakarta memang termasuk cagar budaya,” imbuhnya.

KPAI juga akan mendorong DPRD DKI Jakarta untuk memastikan bahwa gedung SMPN 32 Jakarta mendapatkan prioritas anggaran rehab total untuk anggaran tahun 2018. Ini sangat penting demi keselamatan anak-anak dan keberlangsungan pembelajaran yang layak dan aman, baik bagi siswa mauun guru dan pegawai lainnya di sekolah tersebut. (Andi)

Check Also

Korban kekerasan seksual anak

KPAI : Eksploitasi Seksual Anak Masih Marak

Edupost.id – Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyebut, eksploitasi seksual anak masih marak. Hal ini …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

=[Tutup Klik 2x]=