Senin , 23 Januari 2017
Home / Kabar Sekolah / Lukisan Karya Siswa SMKN 3 Bantul Membuat Takjub Disdik

Lukisan Karya Siswa SMKN 3 Bantul Membuat Takjub Disdik

Edupost.ID, Yogyakarta – “Saya terpesona dengan lukisan halaman terakhir,” kata Sukarja, Kepala Bidang Dinas Pendidikan Menengah dan Nonformal Provinsi DIY.

Hal itu disampaikan Sukarja dalam sambutan pembukaan Pameran Lukis Tradisional yang diadakan SMKN 3 Kasihan, Bantul (SMSR Yogyakarta), Senin (27/4). Pameran yang diadakan di Tembi Rumah Budaya ini dibuat dalam rangka Hari Ulang Tahun SMKN 3 Kasihan, Bantul, ke-52.

Lukisan yang diapresiasi merupakan karya yang berjudul Pasar Anyar. Lukisan itu memuat gambar perempuan modern, namun berkepala wayang dengan hidung panjang menyerupai tokoh Petruk.

Terdapat 31 karya dalam pameran ini. Semua dalam rangka menghidup-hidupi Budaya Jawa, sesuai dengan tema pameran ‘Nguri-uri’.

“Pameran ini khusus memamerkan wayang. Ada lukisan wayang beber, wayang purwa, dan wayang yang sudah dimodernisir,” kata Rakhmat Supriyono, Kepala Sekolah SMKN 3 Kasihan, Bantul.

Rakhmat menyebutkan, karya yang diapresiasi Pak Sukarja adalah salah satu bentuk wayang modern, yakni gambar tubuh manusia, akan tetapi wajah berbentuk wayang. (Nurfi)

Check Also

Institut Pertanian Bogor (IPB)

IPB Tuan Rumah Workshop Kedokteran Hewan Indonesia dan Jepang

Edupost.Id- Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Institut Pertanian Bogor (IPB) menjadi tuan rumah dalam acara workshop …

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *