Sabtu , 16 Desember 2017
Home / Kabar Sekolah / MA Wahid Hasyim Bentuk Timses Perguraan Tinggi dan Beasiswa

MA Wahid Hasyim Bentuk Timses Perguraan Tinggi dan Beasiswa

Edupost.ID, Yogyakarta – Mengenyam pendidikan tinggi adalah syarat penting dalam persaingan dunia kerja dan usaha yang semakin kompetitif. Oleh karenanya, sudah sewajarnya seorang lulusan SMA/SMK/MA melanjutkan pendidikan pada level berikutnya. Hal ini disadari sepenuhnya oleh MA Wahid Hasyim Yogyakarta. Sebagai salah satu lembaga pendidikan menengah atas, sekolah ini merasa berkewajiban untuk memberikan akses pendidikan tinggi kepada seluruh siswanya.

Ditemui di sela – sela kesibukannya, Agus Bahar Umar, M.Pd.I., kepala MA Wahid Hasyim menuturkan bahwa pihaknya berinisiatif membuka jalan agar siswa – siswanya berkesempatan mengenyam pendidikan tinggi. “KAmi ingin agar anak – anak dapat kuliah”, ungkap Agus.

Lebih lanjut Agus memaparkan bahwa pihaknya telah membentuk Tim Sukses Perguruan Tinggi dan Beasiswa. “Tim ini bertugas untuk mencari perguruan tinggi yang cocok dengan potensi siswa kami. Karena siswa kami mayoritas dari ekonomi menengah ke bawah, maka tim juga bertugas mencarikan beasiswa”, terang Agus.

Tim ini, menurut Agus memulai tugasnya sejak siswa-siswanya mulai masuk kelas XII semester 2. Tugas pertamanya adalah membuat tes psikologi, dengan bekerjasama dengan Program Pasca Sarjana Psikologi UGM. “Tes ini untuk memetakan potenbsi siswa. Jadi, akan didapat kesimpulan kira – kira siswa ini cocoknya kuliah di bidang apa“, ungkap Agus. Oleh sekolah, hasil tes psikologi tersebut kemudian dilaporkan kepada orang tua siswa. “Kami katakan kepada orang tua, kami akan kirimkan anak ini ke kampus itu. Kalau orang tua setuju, kami akan fasilitasi. Tapi kalau orang tua tidak setuju ya terserah orang tua “, lanjut Agus.

Tim ini setiap tahun menuai hasil yang menggembirakan. Sebesar 90% siswa MA Wahid Hasyim diterima di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. “Ada yang diterima di UGM, UNY, UIN Yogyakarta, UIN Semarang, IPB, dan lainnya“, jelas Agus. Dan untuk tahun ini, Agus menargetkan 100% siswanya lulus, dan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. (Andi)

Check Also

KPAI Temukan Buku IPS Soal Yerussalem selain Penerbit Yudistira

Edupost.id – Buku IPS yang memuat konten bertuliskan “Ibukota Israel adalah Yerussalem” ternyata tidak hanya …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *