Minggu , 23 Juli 2017
Home / Kabar Sekolah / MAN 18 Jakarta Belum Siap Laksanakan UNBK

MAN 18 Jakarta Belum Siap Laksanakan UNBK

Edupost.ID, Jakarta – Ujian Nasional tidak lama lagi akan diselenggarakan serentak di seluruh wilayah Indonesia. Tahun 2016 nanti pemerintah mencanangkan agar sekolah menerapkan sistem Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Namun, masih ada sekolah yang belum siap luntuk melaksanakan UNBK tersebut.

Seperti yang dirasakan oleh Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 18 Jakarta, yang belum siap melaksanakan UNBK. “kami belum siap, salah satunya karena sarana dan prasarananya yang masih kurang,” tutur Fatkhul Mujib Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas saat ditemui Edupost.ID pada (07/12).

Ia menjelaskan, dari jumlah komputer yang belum memadai. Total jumlah komputer saat ini hanya ada 40. Sebaiknya, lanjut Fatkhul, ada 160 komputer untuk 12 kelas di MAN 18, satu komputer untuk satu siswa. Total jumlah siswa sebanyak 347 orang.

“Selain itu, ruangannya juga belum memadai, sekolah harus menambah tingkat menjadi tiga. Pun untuk server dan internet yang belum baik,” tambah Kahfi Sabariah Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum. Menurutnya, besar kemungkinan MAN 18 tidak akan melaksanakan UN berbasis komputer.

Menurut Fatkhul, ujian nasional, sebaiknya jangan dijadikan penentu kelulusan.” UN hanya efektif sebagai pengukur atau pemetaan siswa,” katanya. Sekolah mendukung dilaksanakannya UNBK karena terlihat lebih cepat dan praktis, sangat mendukung sekali. “Ke depannya sekolah pasti akan menerapkan UN berbasis komputer. Jadi, ini bisa melatih anak berpikir cepat. UNBK sendiri cukup efektif dilaksanakan,” ungkapnya.

Ia berharap dalam penerapannya UNBK bisa bermanfaat bagi siswa, dapat mengurangi beban guru karena guru juga harus mengawasi ujian, selain itu pemerintahpun harus ikut serta dalam memfasilitasi sekolah untuk menyukseskan UNBK dalam bentuk apapun. (Reza)

Check Also

Guru garis Depan

SK CPNS Guru Garis Depan Telah Resmi Ditetapkan

Edupost.id – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah resmi menetapkan Surat Keputusan (SK) bagi 2.806 Guru …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *