Senin , 29 Mei 2017
Home / Kabar Sekolah / MAN 20 Jakarta Boyong Tiga Piala dalam Kompetisi Bahasa Inggris

MAN 20 Jakarta Boyong Tiga Piala dalam Kompetisi Bahasa Inggris

Edupost.ID, Jakarta – Sekolah Madrasah seakan ingin terus berprestasi dan bisa bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya. Seperti yang diraih Madrasah Aliyah Negeri 20 Jakarta. Sekolah tersebut membawa pulang tiga piala sekaligus dalam Kompetisi Bahasa Inggris Tingkat DKI Jakarta.

Lomba tersebut diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dalam rangka bulan bahasa dan diadakan hanya satu tahun sekali. Acara dilaksanakan di MAN 4 Jakarta beberapa hari yang lalu.

Beberapa lomba yang berhasil diraih kemenangan diantaranya juara II lomba speech english oleh Putri Atika kelas IX Ipa, juara II lomba story telling diraih oleh Eliya Widianti kelas XII Ipa, dan juara harapan II lomba news reader didapat oleh Nova Alsiyah kelas XII IPA.

Ditemui Edupost.ID di sekolahnya, Agus Mudhofar selaku Kepala Sekolah MAN 20 Jakarta, mengaku senang dengan juara yang diraih oleh siswa belum lama ini. “Saya senang dengan prestasi mereka. Mengingat saya di sini baru satu tahun,” katanya. Ia ingin mengembangkan sekolah dan siswanya di bidang akademik agar tahu sejauh mana potensi yang dimiliki oleh siswa dibanding madrasah lainnya. “Ke depan saya akan terus rekomendasikan siswa untuk ikut event-event bergengsi,” tambahnya. Di sekolah sudah ada 13 ekskul dan intinya konsen pengembangan siswa dan sekolah.

Ia menuturkan, sekolah di Indonesia ini ada dua sisi, berdasarkan akademik dan sekolah kumpulan orang-orang kaya. Ia ingin MAN 20 bisa berprestasi secara akademik, walau tidak didominasi orang kaya. Ia berharap, dengan adanya kemajuan ekskul saat ini bisa menunjang bakat mereka dan tersalurkan.

Guru bahasa inggris, Feria Hastuti mengatakan, baru pertama kali MAN 20 ikut lomba dari MGMP. Ia menjelaskan, MAN 20 bisa berpartisipasi karena diundang oleh MGMP dan sekolah wajib mengajukan dan mengutus siswanya dalam lomba tersebut. “Kami mengutus 4 siswa, tiga diantaranya meraih juara,” ucapnya. Ia menyebutkan, persiapan yang dilakukan oleh siswa sekitar dua pekan. Latihan di depan teman dari kelas ke kelas dan begitu seterusnya.

Untuk penilaian dari juri yang ia amati, berdasarkan beberapa kriteria. Diantaranya dari bahasa tubuh, intonasi, ekspresi, dan penguasaan kosakata bahasa inggris. Ia berharap, siswa bisa lebih senang dan tertarik dengan bahasa inggris. (Reza)

Check Also

UGM Buka Ajang Bisnis Pemuda ASEAN, AYSPP 2017

UGM Buka AYSPP, Ajang Bisnis Pemuda ASEAN

Edupost.id – Kompetisi bertaraf internasional, ASEAN Youth Socialprenuership Program (AYSPP) yang digelar Universitas Gadjah Mada (UGM) …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *