Minggu , 26 Maret 2017
Home / Kabar Sekolah / MAN Maguwoharjo, Sekolah Umum yang Menerima ABK

MAN Maguwoharjo, Sekolah Umum yang Menerima ABK

Edupost.ID, Yogyakarta – MAN Maguwoharjo Sleman adalah salah satu sekolah di Yogyakarta yang menerima siswa seorang Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Hal ini terbukti dengan adanya lima siswa sekolah ini yang berkebutuhan khusus. Dari jumlah itu, seorang siswa tuna netra dari kelas X, dua siswa tuna netra dari kelas XI, seorang siswa tuna netra dari kelas XII, dan seorang siswa low vision dari kelas XII.

Menurut kepala MAN Maguwoharjo, Drs Aris Fuad, sekolah yang dipiompinnya memang sudah sangat akrab dengan ABK, karena sekolahnya adalah hasil perubahan dari Pendidikan Guru Agama Luar Biasa (PGALB) tuna netra. “Sekolah ini kan dulunya adalah PGALB tuna netra, setelah itu baru menjadi MAN Maguwoharjo. Jadi sudah terbiasa menangani ABK”, ungkap Aris.

Hampir setiap tahun, MAN Maguwoharjo menerima siswa ABK. “Seringnya tuna netra, tapi pernah juga ada yang tuna daksa juga lambat belajar”, lanjut Aris. Untuk melayani ABK, Aris mengatakan bahwa pihaknya telah memiliki guru yang berkompeten mendampingi ABK.  Di sekolahnya juga memiliki beberapa sarana dan prasarana yang dapat membantu melayani ABK, di antaranya beberapa buku dengan huruf braile dan beberapa komputer dengan screen reader.

Screen reader, lanjut Aris, adalah sebuah komputer yang mampu menyuarakan hururf yang terbaca. “Jadi komputernya bunyi sesuai yang terbaca”, ujar Aris. Komputer seperti itu sangat membantu ABK memahami pelajaran sekolah. (Andi)

Check Also

Menteri-Agama-Lukman-Hakim-Saifuddin

Menag Dorong Kepala Madrasah agar Lebih Inovatif

Edupost.id – Kualitas pendidikan madrasah terus meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Walau demikian, Menag Lukman Hakim Saifuddin …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *