Kamis , 29 Juni 2017
Home / Kabar Sekolah / MAN Wonokromo Canangkan Kelas Unggulan Matematika
MAN Wonokromo Bantul
MAN Wonokromo Bantul

MAN Wonokromo Canangkan Kelas Unggulan Matematika

Edupost.id- MAN Wonokromo Bantul mencanangkan untuk membuka kelas unggulan matematika mulai tahun 2017 – 2018. Kelas unggulan ini berperan meningkatkan kompetensi siswa dalam bidang matematika, salah satunya mempersiapkan siswa untuk mampu bersaing dalam kompetisi matematika nasional maupun internasional.

Selain itu, setelah lulus para siswa kelas unggulan juga akan didampingi untuk meraih beasiswa di perguruan tinggi unggulan di dalam maupun luar negeri. “Kami akan membuka kelas unggulan bidang matematika di jurusan MIPA. Kelas ini untuk menyiapkan siswa berkompetisi bidang matematika di tingkat nasional maupun internasional,” ungkap Ali, Kepala MAN Wonokromo Bantul kepada Edupost.id.

Madrasah ini tak main-main dengan rencana pembukaan kelas unggulan ini. Rencananya, madrasah akan menggandeng Pusat Pendidikan Matematika (PPM) Tulung Agung untuk mengawal dan mendampingi siswa agar tetap berprestasi. Selain itu, akan digandeng pula konsultan pendidikan internasional, Tallent Scouting Program for Global Higher Education. Lembaga ini akan berperan merumuskan dan membantu siswa meraih beasiswa luar negeri setelah lulus. Untuk menjamin kualitas pendidikan, pihak madrasah juga akan bekerjasama dengan Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Yogyakarta.

Rencana pembukaan kelas unggulan ini, kata Ali, akan disampaikan kepada Kementerian Agama di Jakarta. Pihaknya berencana akan menemui Direktur Pendidikan Madrasah M. Nur Kholis Setiawan pada Selasa (30/8). Secara umum, Ali berharap adanya dukungan dari Kemenag untuk mewujudkan rencana besar ini.

Jika rencana ini disetujui, Ali menargetkan membuka satu kelas khusus unggulan matematika yang di dalamnya diisi oleh siswa hasil penyaringan yang ketat. Kelas inipun akan mendapat pembinaan yang berbeda dibanding kelas MIPA reguler. Untuk menyaring siswa calon penghuni kelas unggulan ini, Ali berencana akan menggelar olimpiade khusus matematika bagi siswa SMP maupun MTs. Para juara olimpiade ini akan mendapat tiket khusus masuk kelas unggulan matematika di MAN Wonokromo.

Sebelum kelas unggulan ini resmi dibuka, pihak madrasah akan makin mengintensifkan pembinaan matematika melalui kegiatan ekstra kulikuler Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan Kompetisi Sains (KSM).

“Medali perak yang diraih oleh siswa kami, Kholida Nailul Muna, pada kompetisi matematika internasional di Singapura jangan sampai berhenti di tengah jalan. Jadi kami akan terus lakukan pembinaan di bidang matematika. Ini sekaligus akan menjadi ciri khas MAN Wonokromo yang unggul di bidang matematika,” pungkas Ali. (Andi)

Check Also

siswa-SMA

PPDB Bantul, Lebih dari 2.000 Siswa Gagal Lolos

Edupost.id – Lebih dari 2.000 siswa harus kehilangan kesempatan mengenyam pendidikan di SMA Negeri di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *